UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA KEAGAMAAN DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

ULVA KIFAYATUN NAIMAH, 126205212181 (2025) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA KEAGAMAAN DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (715kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk kualitas diri peserta didik, termasuk pembentukan karakter religius. Karakter religius menjadi pondasi penting dalam membentuk perilaku dan sikap peserta didik agar terhindar dari pengaruh negatif lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik yakni dengan menumbuhkan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan budaya keagamaan di sekolah. Apabila guru dapat melakukan pembiasaan untuk menumbuhkan karakter religius secara konsisten, maka akan membawa dampak yang baik terutama dapat menjadikan peserta didik yang berkarakter. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya yang digunakan guru dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui budaya keagamaan di MI Darussalam Wonodadi Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk budaya keagamaan di MI Darussalam Wonodadi Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan kendala yang dialami guru dalam proses pembentukan karakter religius peserta didik melalui budaya keagamaan di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian kualitatif adalah suatu proses penelitian yang dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi, serta jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif. Peneliti melakukan penelitian dengan cara melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di MI Darussalam Wonodadi Blitar, dan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian bahwa upaya guru dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar yakni dengan membuat program pembiasaan kegiatan budaya keagamaan, pendisiplinan pelaksanaan pembiasaan budaya keagamaan, memberikan contoh dan teladan bagi peserta didik yang dapat menumbuhkan karakter religius, pendampingan terhadap proses belajar dan pelaksanaan budaya keagamaan, serta membimbing dan melatih peserta didik agar memiliki karakter religius. Bentuk budaya keagamaan yang dapat menumbuhkan karakter religius peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar sangat beragam. Sepertihalnya kognitif pagi yakni membaca Al Quran juz 30, sholat dhuha berjamaah, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, membaca asmaul husna, kegiatan madrasah diniyah untuk kelas atas dan baca tulis quran untuk kelas rendah, infaq jumat, dan peringatan hari besar islam. Hambatan hambatan dalam menumbukan karakter religius peserta didik melalui budaya keagamaan di MI Darussalam Wonodadi Blitar ada beberapa faktor yakni faktor orang tua seperti kurangnya perhatian dan kasih sayang orangtua, minimnya waktu orang tua dengan anak, kondisi keluarga. Faktor berikutnya yakni faktor lingkungan, lingkungan masyarakat yang kurang baik kebiasaanya, adat, dan karakter masyarakatnya, teman sebaya yang membawa pengaruh buruk, lingkungan sekitar tidak mendukung dari budaya keagamaan yang sudah diterapkan dari madrasah, kemajuan teknologi dan globalisasi yang membawa pengaruh buruk. Dan faktor yang terakhir yakni faktor individu atau watak bawaan seeorang yang sulit untuk dirubah karakternya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212181 ULVA KIFAYATUN NAIMAH
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:34
Last Modified: 08 Aug 2025 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60642

Actions (login required)

View Item View Item