CICI WULANDARI, 1880506230001 (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL 'ALAMIN (P5-PPRA) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII (Studi Multisitus di MTsN 2 Nganjuk dan MTsN 3 Nganjuk). [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (566kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5-PPRA) dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII (Studi Multisitus di MTsN 2 Nganjuk dan MTsN 3 Nganjuk)” ini ditulis oleh Cici Wulandari dengan promotor Dr. H. M. Muntahibun Nafis, M.Ag. dan Dr. H. Zaini Fasya, M.Pd.I. Kata kunci : Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA), Kreativitas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena saat ini kreativitas anak menurun secara drastis dan belum merata berdasarkan data pada tahun 2023 karena kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa mengakibatkan siswa sulit dan tidak bisa menyelesaikan suatu permasalahan. Terutama permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah dengan menggunakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA) yang sudah dilaksanakan di MTsN 2 dan MTsN 3 Nganjuk. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis : (1) desain P5-PPRA dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII di MTsN 2 Nganjuk dan di MTsN 3 Nganjuk (2) pelaksanaan P5-PPRA dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII di MTsN 2 Nganjuk dan di MTsN 3 Nganjuk (3) implikasi P5-PPRA dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII di MTsN 2 Nganjuk dan di MTsN 3 Nganjuk. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Desain yang direncanakan memerlukan alokasi dan pengorganisasian yang tepat. Dengan pengorganisasian yang sesuai serta minat dan lingkungan sekitar yang mendukung, dapat dipastikan bahwa kegiatan yang dijalankan dapat berjalan dengan maksimal dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (2) Pelaksanaan P5-PPRA dilakukan melalui beberapa tahapan yakni tahap pengarahan, tahap kontekstualisasi, tahap aksi, tahap refleksi dan tahap tindak lanjut. Dalam pelaksanaan nya menghasilkan karya dan tindakan yang berbeda karena memiliki tema yang berbeda, namun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan kreativitas siswa. (3) Implikasi dari kegiatan P5-PPRA memberikan implikasi positif diantaranya meningkatkan partisipasi aktif dalam kreativitas siswa, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, meningkatkan kesadaran lingkungan, apresiasi terhadap keberagaman budaya dan mengembangkan kemampuan berkolaborasi dan komunikasi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1880506230001 CICI WULANDARI |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:18 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |