TASYA PINKY ASTUTI, 126102212199 (2025) PENERAPAN KONSEP KAFA`AH DALAM PERKAWINAN TERHADAP PERBEDAAN PENDIDIKAN PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (900kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tasya Pinky Astuti, NIM.126102212199, Penerapan Konsep Kafa`ah terhadap Perbedaan Pendidikan Perspektif Maqashid Syariah (Studi pada Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2025, Pembimbing: Moh. Ali Abdul Shomad Very Eko Atmojo, M.Pd.I Kata kunci : Kafa`ah, Perbedaan Pendidikan, Maqashid Syariah Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya mahasiswa yang sudah menikah akan tetapi memiliki sebuah perbedaan pendidikan dengan pasangannya, serta bagaimana penerapan kafa`ah yang dilakukan sebelum melangsungkan pernikahan dengan calon pasangan yang memiliki perbedaan pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan konsep kafa`ah terhadap perbedaan pendidikan pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang sudah menikah?, 2) Bagaimana perspektif maqashid syariah dalam menilai perbedaan pendidikan dalam pernikahan?, Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penerapan konsep kafa’ah dalam perbedaan pendidikan pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang sudah menikah. 2) Untuk mengetahui perspektif maqashid syariah dalam menilai perbedaan pendidikan dalam pernikahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dengan cara pengamatan langsung terhadap mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, wawancara kepada mahasiswa, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat beberapa perbedaan dalam praktik penerapan kafa’ah oleh tiap narasumber. Sebagian besar narasumber menerapkan kafa’ah sebelum melangsungkan pernikahan, namun ada pula yang tidak menerapkan kafa’ah sebelum melangsungkan pernikahan. Akan tetapi setelah ditelusuri masih terdapat aspek kafaah pada hal agama. 2) Hal yang paling ditekankan dalam maqashid syariah sebelum melangsungkan pernikahan yaitu pada hal memelihara agama (Hifdz ad-din) dan memelihara harta (Hifdz al-mal). Sehingga, perbedaan pendidikan tidak serta merta menjadi suatu hal penghambat yang menyebabkan batalnya pernikahan karena dapat diatasi dengan saling berkomunikasi dan saling memahami.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum Keluarga Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam |
Depositing User: | 126102212199 TASYA PINKY ASTUTI |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:03 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |