KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DI MTs NEGERI 4 TULUNGAGUNG

MEIKA LUTFI ERISA, 126204212122 (2025) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DI MTs NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Erisa, Meika Lutfi. 2025. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Kemampuan Matematika di MTs Negeri 4 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Ummu Sholihah, S. Pd., M. Si. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Aritmatika Sosial, Kemampuan Matematika Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang membantu siswa dalam menyikapi suatu persoalan dengan pemikiran dan pertimbangan yang mendalam, tidak hanya berdasarkan intuisi semata. Namun, pada proses pembelajaran siswa cenderung masih kesulitan ketika menyelesaikan masalah matematika berbasis masalah konstekstual dikarenakan kurangnya latihan soal berbasis masalah kontekstual sehingga kemampuan berpikir kritis siswa kurang terlatih. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan matematika mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan matematika merupakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas matematika. Kemampuan matematika terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial di MTs Negeri 4 Tulungagung; 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial di MTs Negeri 4 Tulungagung; dan 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial di MTs Negeri 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung yang terdiri dari 6 siswa, yaitu 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi empat indicator kemampuan berpikir kritis, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu memenuhi dua indicator kemampuan berpikir kritis, yaitu interpretasi dan evaluasi. 3) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika rendah mampu memenuhi satu indicator kemampuan berpikir kritis, yaitu interpretasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212122 MEIKA LUTFI ERISA
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:58
Last Modified: 07 Aug 2025 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60666

Actions (login required)

View Item View Item