NUR ALVI PURIAMANDAWATI, 126209212052 (2025) PEMBENTUKAN KARAKTER PERILAKU SOSIAL SISWA TERHADAP PENGGUNAAN GADGET PADA GENERASI Z DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII MTS AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (791kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Nur Alvi Puriamandawati, 126209212052, Pembentukan Karakter Perilaku Sosial Siswa Terhadap Penggunaan Gadget Pada Generasi Z Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII MTS Al Ma’arif Tulungagung, Program Studi Tadris IPS, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2025, Pembimbing: Drs.H. Jani, M.M.,M.Pd Kata Kunci: Karakter Perilaku Sosial, Gadget, Generasi Z, Pembelajaran IPS Perkembangan tekhonologi salah satunya penggunaan gadget di kalangan pelajar sebagai bagian sekaligus pengaruh tekhnologi yang perlu diperhatikan dengan seksama. Media soial dapat mempengaruh aspek psikis dan sosial siswa, yang juga akan berdampak pada saat pembelajaran, perkembangan internet yang cepat membawa arus tekhnologi terhadap karakter perilaku sosial siswa, dan bagaimana guru memfasilitasi dalam pembelajaran mereka. Perlu di sadari bahwa tekhonologi membawa konsekuensi, baik dan buruk. Semakin kuat tekhnologinya semakin kuat konsekuensinya Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Pembentukan karakter perilaku sosial siswa terhadap penggunaan gadget pada generasi z dalam pembelajaran IPS kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung?, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat penggunaang gadget pada generasi Z terhadap pembentukan karakter perilaku sosial siswa kelas VIII MTs Al Ma’Arif Tulungagung, (3) Bagaimana dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget pada generasi Z terhadap pembentukan karakter perilaku sosial siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembentukan perilaku sosial siswa melalui pembelajaran IPS, serta faktor yang memengaruhi dan dampak penggunaan gadget terhadap siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Tulungagung. Pendekatan penelitian ini mengunakan metode kualitatif yang dikenal sebagai metode artistik karena data yang dihasilkan berbentuk interprestasi terhadap temuan data di lapangan. Selanjutnya untuk jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data akurat dengan turun langung ke lapangan dengan memanfaatkan metode menjawab dan mendiskripsikan suatu fenomena yang menjadi fokus penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) pembelajaran IPS di MTs Al Ma’arif Tulungagung membentuk perilaku sosial siswa melalui nilai empati, tanggung jawab, dan komunikasi, (2) Pembentukan karakter perilaku sosial ini didukung oleh teknologi, peran keluarga, dan lingkungan sekolah, namun terhambat oleh pengaruh negatif media sosial dan kecenderungan Generasi Z mencari solusi instan. (3) Penggunaan gadget memberi dampak positif dan negatif, dampak psitif pada akses informasi, namum juga menimbulkan dampak negatif seperti ketergantungan, pengaruh negatif media sosial dan cyberbullying.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209212052 NUR ALVI PURIAMANDAWATI |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:19 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |