FARHATUL 'AISY, 126204211024 (2025) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MATERI MATRIKS BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT DI KELAS XI SMK SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Materi Matriks Berdasarkan Adversity Quotient di Kelas XI SMK SORE Tulungagung” ini ditulis oleh Farhatul ‘Aisy, NIM. 126204211024, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Materi Matriks, Adversity Quotient. Pemecahan masalah matematis merupakan suatu kemampuan dalam menyelesaikan pertanyaan atau soal yang menunjukkan adanya tantangan, tidak mudah diselesaikan menggunakan prosedur yang telah diketahui dan memerlukan perencanaan yang benar didalam proses penyelesaiannya. Kemampuan pemecahan masalah matematika ditunjukan peserta didik dalam memecahkan soal-soal matematika dengan memperhatikan proses menemukan jawaban yang dalam hal ini adalah soal pada materi Matriks. Pemecahan masalah matematis dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang mendalam dan jelas. Adversity Quotient (AQ) diaggap memiliki pengaruh dalam pemecahan masalah matematis yang kemudian dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI TSM 3 dengan tipe Adversity Quotient Quitters, Adversity Quotient Campers dan Adversity Quotient Climbers. Selanjutnya diharapkan supaya dapat digunakan dalam menentukan metode pembelajaran yang sesuai pada masing-masing peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek yang digunakan adalah peserta didik kelas XI TSM 3 SMK SORE Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembagian kuisioner atau angket untuk memperoleh data tipe AQ peserta didik, tes pemecahan masalah matematis pada soal Matriks, dan wawancara untuk menggali lebih dalam mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman terdapat 3 tahapan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peserta didik dengan AQ Quitters memenuhi 2 indikator yaitu memilih strategi serta pada aspek temukan dan jawab, dan tidak memenuhi indikator membaca dan berpikir, mengeksplorasi dan merencanakan serta pada indikator meninjau kembali dan mendiskusikan; (2) Peserta didik dengan AQ Campers memenuhi 3 indikator yaitu memilih strategi, temukan dan jawab serta pada indikator meninjau kembali dan mendiskusikan, dan tidak memenuhi indikator membaca dan berpikir serta pada aspek mengeksplorasi dan merencanakan; (3) Peserta didik dengan AQ Climbers memenuhi semua indikator yaitu membaca dan berpikir, temukan dan jawab, mengeksplorasi dan merencanakan, memilih strategi serta pada indikator meninjau kembali dan mendiskusikan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204211024 FARHATUL 'AISY |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:07 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |