STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA (Studi Multi Situs di Pondok Persantren Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan Pondok Pesantren Al Kamal Kunir Blitar)

RIZALULOH HANIK MUSTOFA, 1751144022 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA (Studi Multi Situs di Pondok Persantren Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan Pondok Pesantren Al Kamal Kunir Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (413kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “ Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab “ ini ditulis oleh Rizaluloh Hanik Mustofa dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. dan Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Keterampilan Bahasa Arab. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pentingnya bagi seorang muslim untuk menguasai bahasa arab supaya kualitas sholat dan ibadah kaum muslimin lebih berkualitas. Karena Al-Qur’an dan Hadits Nabi yang merupakan pedoman pokok umat Islam ditulis dalam bahasa Arab, Begitu pula kitab-kitab klasik karangan ulama’ Islam terdahulu yang biasa kita kenal dengan Kitab Kuning yang berisi tuntunan ajaran Islam juga ditulis dalam bahasa Arab. Maka dari itu mustahil bagi umat Islam mampu memahami agamanya secara menyeluruh tanpa memahami bahasa Arab. Selain itu bahasa Arab juga telah digunakan sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan telah dijadikan sebagai bahasa resmi internasional. Banyak buku-buku ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditulis dalam bahasa Arab. Dengan demikian tanpa mampu memahami bahasa Arab sudah barang tentu mengurangi kualitas keilmuan seseorang, untuk itulah pembelajaran Bahasa Arab yang diajarkan disekolah-sekolah atau pondok pesantren - pondok pesantren perlu suatu sebuah strategi yang matang agar santri dapat menguasai keempat keterampilan yang ada di dalam Bahasa Arab yaitu keterampilan Takallum, Istimak, Qira’ah dan Kitabah. Rumusan masalah dalam penulisan Tesis ini adalah: (1) Bagaimana Metode Pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Arab ? (2) Bagaimana Teknik Pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Arab ?. Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran, yaitu bagaimana menerapkan sebuah strategi pembelajaran yang tepat untuk keterampilan Bahasa Arab yang memiliki 4 keterampilan yang harus dikuasai dalam pembelajaran Bahasa Arab. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa (1) Metode Pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan adalah Untuk keterampilan mendengar ( Istimak ) dan keterampilan bicara (Takallum) menggunakan Metode Mubasyaroh yaitu pembelajaran bahasa arab langsung. Untuk keterampilan membaca ( Qiro’ah ) menggunakan Metode Qiro’ah yaitu membaca teks arab arab langsung, atau memakai Metode Qowait waa Tarjamah yaitu metode pembelajaran bahasa arab yang mana santri disuruh membaca langsung teks arab beserta mengartikannya. Sedangkan untuk keterampilan menulisnya ( Kitabah ) yaitu Imlak dan Insyak menggunakan Metode Kitabah. (2) Dalam proses pembelajaran Bahasa Arab Tehnik pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan untuk keterampilan mendengar (Istimak) dan keterampilan bicara (Takallum) menggunakan Teknik Hafalan dialog ( al-hif’zh ‘ala al-hiwar), teknik Percakapan kelompok ( al-hiwar al-jama’i) dan Teknik Praktek Lapangan (Al-Mumarasah Fi Al-Mujtama’). Untuk keterampilan membaca (Qiro’ah) teknik yang digunakan adalah teknik membaca nyaring (Al-Qira’ah Al-Jahriyyah) yaitu membaca keras. Sedangkan untuk keterampilan menulisnya yaitu Imlak dan Insyak menggunakan teknik mengarang terpimpin ( Al-Insyak Al-Muwajjah ) dan teknik imlak menyimak ( Al-Imlak Al-Istimak) dan teknik imlak menyalin (Al-Imlak Al-Manqul).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M.Pd 1756144022 Rizaluloh Hanik Mustofa
Date Deposited: 19 Sep 2017 03:58
Last Modified: 19 Sep 2017 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6072

Actions (login required)

View Item View Item