MIRANTIA WIDHIASTATRI, 126308213243 (2025) PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA DARI LULUSAN SMK DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penyesuaian Diri Mahasiswa dari Lulusan SMK di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung” ini ditulis oleh Mirantia Widhiastatri, NIM. 126308213243, dengan pembimbing Ahmad Fauzan, S.S., M.Pd.I. Kata Kunci : Fenomenologis, Penyesuaian diri, Adaptasi, Mahasiswa, SMK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara tujuan pendidikan SMK yang berfokus pada kesiapan kerja, dan perguruan tinggi yang menekankan kemampuan teoritis dan analitis. Meskipun demikian, hasil observasi menunjukkan bahwa banyak lulusan SMK yang memilih untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Perbedaan orientasi pendidikan ini menuntut mereka untuk melakukan penyesuaian diri, baik secara akademik maupun sosial, agar mampu beradaptasi dan mengikuti proses perkuliahan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman penyesuaian diri mahasiswa dari lulusan SMK di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan wawancara semi terstruktur untuk memperoleh data guna mencapai tujuan penelitian. Wawancara yang dilakukan melibatkan 3 subjek yang merupakan seorang mahasiswa semester akhir. Penelitian ini menggunakan analisis data Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) dan menghasilkan empat tema utama: kesulitan penyesuaian diri, motivasi berkuliah, proses penyesuaian diri, dan manfaat penyesuaian diri. Hasil analisis menunjukkan bahwa subjek melakukan upaya aktif dalam menghadapi tantangan melalui refleksi diri, kesadaran internal, dan keterbukaan terhadap perubahan. Strategi adaptasi yang digunakan beragam namun efektif, seperti meningkatkan komunikasi, menerima perbedaan, dan menjadikan hambatan sebagai pembelajaran. Proses ini memberi dampak positif, termasuk peningkatan kepercayaan diri, pemahaman akademik yang lebih baik, dan perluasan perspektif sosial. Dengan demikian, penyesuaian diri tidak hanya mendukung adaptasi akademik dan sosial, tetapi juga mendorong perkembangan pribadi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Mahasiswa Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308213243 MIRANTIA WIDHIASTATRI |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 07:28 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 07:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |