PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

YA AYU SHOLEKAH, 2811133277 (2017) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (450kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (459kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Di Mts Al-Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Ya Ayu Sholihah, pembimbing Dr. Munardji, M.Ag. Kata kunci: Kepala Madrasah sebagai Supervisor, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan yang sangat penting dalam menciptakan output yang berkualitas, sehingga diperlukan bimbingan dari guru yang kompeten dibidangnya dalam mendidik dan membina peserta didiknya kearah pendewasaan baik emosi, intelektual, maupun spiritual dan peran kepala madrasah sebagai supervisor di belakangnya. Terlebih bagi guru Pendidikan Agama Islam yang perannya bukan hanya sebagai transfer of knowledge tetapi juga sebagai transfer of value yakni selain transfer pengetahuan dan pemahaman guru juga mampu menanamkan nilai-nilai moral dan kebaikan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi professional guru Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (4) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? Penelitian ini menggunakan kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung peningkatan dari supervise kepala madrasah adalah guru mampu membuat perangkat pembelajaran lebih baik dari sebelumnya dan tersusun rapi sesuai dengan materi ajar, dan guru dapat memahami peserta didik dengan baik dalam proses pembelajaran ataupun pengembangan diri siswa, guru juga diberi tugas menjadi guru piket untuk mengawasi peserta didik saat diluar kelas, pengawasan semakin hari semakin ketat bahkan banyak siswa siswi yang dihukum karena telah melanggar aturan madrasah. (2) peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung peningkatan dari supervise kepala madrasah adalah guru mampu menjadi pribadi lebih baik dari sebelumnya dan dapat mempertahankannya, guru mampu menjadi teladan yang baik bagi peserta didik baik dari tingkah laku, cara berpakaian, dan ucapan, guru dapat menjaga privasi peserta didik, dan guru disiplin terhadap tugas dan kewajibannya. (3) peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi professional guru Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung peningkatan dari supervise kepala madrasah adalah guru menguasai materi pembelajaran dengan baik, guru juga sering menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti bermain peran atau derama, guru mulai menggunakan LCD sebagai media untuk menunjukan video yang sesuai dengan materi ajar serta memanfaatkan sarana prasarana laboratorium Pendidikan Agama Islam sebagai penunjang terlaksananya proses pembelajaran agar berjalan dengan maksimal sesuai dengan RPP. (4) peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung peningkatan dari supervise kepala madrasah adalah pembiasaan Senyum, sapa dan salam jika bertemu guru maupun sesame siswa selalu, guru selalu berusaha untuk datang di madrasah lebih dulu dari siswa siswi agar bisa mengikuti kegiatan salam-salaman di pagi hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133277 YA AYU SHOLEKAH
Date Deposited: 02 Nov 2017 07:39
Last Modified: 02 Nov 2017 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6073

Actions (login required)

View Item View Item