M. DZIKRU MAULANA FIRMANSYAH, 126201212171 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII Di SMPN 2 Kademangan Blitar" Ini ditulis oleh M. Dzikru Maulana Firmansyah, NIM. 126201212171, Pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd., NIP. 197204172006041002. Kata Kunci: Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH), Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini berlatar belakang dari keadaan siswa yang ketika pembelajaran kurang semangat dan cenderung pasif. Siswa menganggap pelajaran PAI membosankan dan sulit sehingga minat belajar siswa rendah. Minat belajar siswa yang rendah ini akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Siswa yang minat belajarnya rendah cenderung pasif sehingga hasil belajarnya kurang memuaskan. Upaya yang dapat dilakukan dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan menarik. Salah satunya dengan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Model pembelajaran ini menjadikan siswa aktif dan lebih semangat sehingga mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Penggunaan model pembelajaran ini dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran CRH terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar? (2) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran CRH terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar? (3) Adakah interaksi penggunaan model pembelajaran CRH terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran CRH terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran CRH terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. (3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi penggunaan model pembelajaran CRH terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasy Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini semua siswa kelas VIII SMPN 2 Kademangan Blitar. Sampel penelitian ini 32 siswa kelas kontrol dan 32 siswa kelas ekperimen. Penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket minat belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran CRH memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (2) Model pembelajaran CRH memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (3) Terdapat interaksi penggunaan model pembelajaran CRH terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212171 M. DZIKRU MAULANA FIRMANSYAH |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:19 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |