SELF EFFICACY MAHASISWA YANG BEKERJA DALAM MENINGKATKAN ACADEMIC ACHIEVEMENT MOTIVATION (Fenomenologi Mahasiswa Semester Akhir pada Universitas di Tulungagung)

ELMA HIDAYATUL UMAH, 126308211023 (2025) SELF EFFICACY MAHASISWA YANG BEKERJA DALAM MENINGKATKAN ACADEMIC ACHIEVEMENT MOTIVATION (Fenomenologi Mahasiswa Semester Akhir pada Universitas di Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami self efficacy mahasiswa yang bekerja dalam meningkatkan motivasi pencapaian akademik, khususnya dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Fokus penelitian diarahkan pada bagaimana mahasiswa semester akhir yang kuliah sambil bekerja di universitas wilayah Tulungagung mengatur waktu antara pekerjaan dan perkuliahan, serta bagaimana mereka membangun keyakinan diri untuk meningkatkan motivasi akademik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologi, untuk menggali pengalaman subjektif para partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga narasumber mampu mengelola waktu secara efektif dengan membuat jadwal rutinitas yang terstruktur, yang didukung oleh pengalaman keberhasilan masa lalu, inspirasi dari orang lain, serta dukungan lingkungan sekitar. Selain itu, kondisi fisik dan mental yang sehat dipandang sebagai kunci utama dalam menjaga keseimbangan aktivitas. Terdapat pula inovasi baru yang muncul dalam proses ini, yakni adanya perencanaan masa depan terkait karier dan pendidikan sebagai motivasi tambahan dalam menyelesaikan tugas akhir. Penelitian ini menegaskan pentingnya self efficacy dalam membangun motivasi akademik, terutama bagi mahasiswa yang menghadapi tantangan ganda antara studi dan pekerjaan. Kata kunci : self efficacy, mahasiswa bekerja, motivasi akademik, tugas akhir, fenomenologi

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi industri
Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308211023 ELMA HIDAYATUL UMAH
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:26
Last Modified: 11 Aug 2025 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60734

Actions (login required)

View Item View Item