NOVA ANUGRAH DWI INDRASWARI, 126208213108 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (880kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar” di tulis oleh Nova Anugrah Dwi Indraswari, NIM 126208213108, dosen pembimbing, M. Luqman Hakim Abbas, S.Si,. M.Pd. Kata Kunci : Teams Games Tournament, kemampuan kolaborasi, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup Kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa merupakan aspek penting dalam pembelajaran karena mempengaruhi keterlibatan aktif dan pencapaian akademik. Namun, kenyataannya kedua aspek tersebut masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif. Model Teams Games Tournament (TGT) diharapkan mampu menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT terhadap kemampuan kolaborasi siswa; (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa; dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT terhadap kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design jenis Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darussalam Kademangan. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII B (31 siswa) sebagai kelas eksperimen dan VII E (32 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik ini dipilih karena tidak semua anggota populasi memenuhi kriteria yang relevan dengan fokus penelitian. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan perhitungan N-Gain, uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), serta uji hipotesis dengan uji Independent Sample T-Test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran TGT terhadap kemampuan kolaborasi siswa, dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari model TGT terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05; dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari model TGT terhadap kemampuan kolaborasi dan hasil belajar secara simultan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup di kelas VII MTs Darussalam Kademangan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Ekosistem Biologi > Hewan Biologi > Lingkungan Biologi > Morfologi Biologi > Sel Biologi > Tumbuhan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208213108 NOVA ANUGRAH DWI INDRASWARI |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 01:54 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 01:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |