DIANA DWI ANJANI, 126205202149 (2025) PENGARUH KELEKATAN ORANG TUA (PARENT ATTACHMENT) TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS (PSYCHOLOGICAL WELL-BEING) DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 1 TURI KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Kelekatan Orang Tua (Parent Attachment) terhadap Kesejahteraan Psikologis (Psychological Well-Being) dan Prestasi Belajar Peserta Didik di SDN 1 Turi Kota Blitar” ditulis oleh Diana Dwi Anjani, NIM. 126205202149, Dosen Pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Kelekatan Orang Tua, Kesejahteraan Psikologis, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan peneliti untuk membuktikan teori yang dikemukakan oleh John Bowlby terkait kelekatan (attachment theory). John Bowlby mengemukakan bahwa kelekatan yang aman antara anak dan orang tua membuat anak dapat mengelola stress dengan baik. Anak yang mampu mengelola stres dengan baik berarti juga mempunyai kesejahteraan psikologis yang baik. Hal tersebut sejalan dengan teori yang dikemukakan Ryyf aspek-aspek kesejahteran psikologis meliputi kemandirian, penguasaan lingkungan, pertumbuhan pribadi, hubungan positif dengan orang lain, tujuan hidup, dan penerimaan diri. Kelekatan anak dengan orang tua penting bagi peserta didik SD/MI sebab dapat menjadi salah satu faktor yang mendukung kesejahteraan psikologis dan prestasi belajar peserta didik di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk membuktikan adanya pengaruh kelekatan orang tua terhadap kesejahteraan psikologis peserta didik di SDN 1 Turi Kota Blitar. (2) untuk membuktikan adanya pengaruh kelekatan orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Turi Kota Blitar. (3) untuk membuktikan adanya pengaruh kelekatan orang tua terhadap kesejahteraan psikologis dan prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Turi Kota Blitar. Pendekatan penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini ialah ex-postfacto tipe correlational study. Populasi penelitian ini berjumlah 139 peserta didik SDN 1 Turi Kota Blitar. Sampel penelitian ini ialah 27 peserta didik dari kelas IV dan V dengan teknik non-probability jenis purposive sampling. Teknik pengambilan data ialah dengan observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Uji regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,008 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 2,867 > ttabel 2,052 sehingga menunjukkan hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan kelekatan orang tua terhadap kesejahteraan psikologis peserta didik. (2) nilai signifikasi sebesar 0,009 < 0,05 dan nilai thitung sebesar thitung sebesar 2,946 > ttabel 2,052, sehingga diperoleh hasil ada pengaruh yang signifikan kelekatan orang tua terhadap preastasi belajar didik. (3) Hasil uji regresi linier berganda MANOVA dari keempat nilai p value yang berbeda menghasilkan nilai signifikasi (0,016), (0,009), (0,005),(0,001) < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan pada variabel kelekatan orang tua terhadap kesejahteraan psikologis dan prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Turi Kota Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Peradilan Islam > Orang Tua Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Prestasi Belajar Psikologi > Psikologi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202149 DIANA DWI ANJANI |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 03:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |