PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 7 TULUNGAGUNG

SILVIA DWI AIZIA, 12205193213 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Sederhana terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Silvia Dwi Aizia, NIM 12205193213, pembimbing Dr. Moh. Arif, M. Pd. Pendidikan merupakan proses pemberian pengetahuan, ketrampilan, dan kebiasaan yang dilakukan oleh seorang guru atau pendidik kepada siswa atau peserta didik dalam proses dinakaan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses pemberian materi dan penerapan kebiasaan dengan menggunakan metode, strategi, model, media dan materi yang sudah tertata dan disiapkan secara sistematis guna mendapatkan sebuah perubahan dari siswa. Matematika merupakan mata pelajaran yang sukar diminati siswa, sehingga seornag guru atau pendidikan perlu mengeluarkan tenaga eksra dalam memberikan materi dengan mengorganisasi keseluruahn penggunaan strategi, metode, model, media dan materi agar mudah dimengerti oleh siswa dan bisa diminati siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran snowball trowing berbantuan media sederhana terhadap motivasi siswa mata pelajaran matematika kelas V di MIN 7 Tulungagung. Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran snowball trowing berbantuan media sederhana terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V di MIN 7 Tulungagung. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media sederhana terhadap moivasi dan hasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 7 Tulungagung. Penelitian ini dilakukan pada kelas VB semester 2 kurikulum 2013 tahun ajar 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan melihat hubungan antara variabel X dan Y, untuk melihat hubungan antar variabel. Karena variabel Y ada dua maka dilakukan dua kali pengujian untuk melihat masing-masing hubungan variabel X dan Y1 dan Y2. Setelah, kedua hubungan diketahui, dilanjutkan dengan melihat hubungan keseluran variabel yaitu variabel X dengan Y1 dan Y2, dengan menggunakan uji MANOVA. Hipotesisi yang diajukan bahwa ada hubungan antara model pembelajaran snowball throwing berbantuan media sederhana terhadap kedua variabel dependent yaitu motivasi dan hasil belajar siswa. Namun, terdapat perbedaan besaran pada kedua variabel dependent, dimana variabel motivasi mendapatkan pengaruh kuat dari model pembelajaran snowball throwing berbantuan media sederhana dengan hasil uji t-test yang menunjukkan Sig. (2-tailed) 0, 000 < dari 0,05 dan hasil uji korelasi menunjukkan hasil person correlation sebesar 0, 626 positif dan Sig. (2-tailed) 0, 001 < 0,05 yang berarti hubungan dalam kategori interval kuat, dan variabel hasil belajar mendapatkan pengaruh sangat lemah dari model pembelajaran snowball throwing berbantuan media sederhana, dengan hasil uji t-test yang menunjukkan Sig. (2-tailed) 0, 000 < dari 0, 05 dan hasil uji korelasi menunjukkan hasil person correlation sebesar – 0, 248 positif dan Sig. (2-tailed) 0, 255 < 0, 05 yang berarti tidak dihubungankan dalam kategori interval sangat lemah karena mendekati -1. Sehingga, model pembelajaran snowball throwing berbantuan media sederhana tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MIN 7 Tulungagung. Hal ini dibuktikan xiv dengan hasil manova yang menunjukkan Sig. (2-tailed) 0, 505 > dari 0, 05, hubungan korelasi diantara motivasi dan hasil belajar siswa yang memiliki perbedaan siginfikan dengan motivasi bernilai positif dan hasil belajar bernilai negative. Kata kunci: motivasi, hasil belajar, model pembelajaran snowball trowing, media sederhana, matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193213 SILVIA DWI AIZIA
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:32
Last Modified: 19 Aug 2025 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60807

Available Versions of this Item

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 7 TULUNGAGUNG. (deposited 19 Aug 2025 03:32) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item