MUHAMMAD KHOIRI, 2846124015 (2017) STRATEGI MADRASAH DINIYAH DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI (Studi Multi Situs Di Madrasah Diniyah Mamba’ul Hikam Botoran Dan Madrasah Diniyah Mahir Ar-Riyadl Domasan). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (675kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (409kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (174kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (144kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Khoiri, NIM. 2846124015. “Strategi Madrasah Diniyah Dalam Pembinaan Akhlak Santri (Studi Multi Situs Di Madrasah Diniyah Mamba’ul Hikam Botoran Dan Madrasah Diniyah Mahir Ar-Riyadl Domasan)”. Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Akhyak, M.Ag danDr. Hj. Sulistyorini, M.Ag Kata Kunci : “Strategi Madrasah Diniyah, Pembinaan Akhlak Santri.” Penelitian tesis ini dilatarbelakangi sebuah fenomena bahwa peran lembaga pendidikan Islam nonformal (yang dalam hal ini adalah madrasah diniyah) sangat berpengaruh pada pembentukan moral bangsa. Pendidikan Agama yang menjadi materi di madrasah diniyah mampu menjadi penyeimbang dan benteng dari pesatnya teknologi dan ilmu pengetahuan pada saat ini. Namun status nonformal yang melekat pada madrasah diniyah tekadang dipahami dengan sesuatu yang berjalan seadanya dan tanpa manajemen yang baik, sehingga fungsi penyeimbang itu tidak tarcapai dengan maksimal. Untuk mampu menjalankan perannya sebagai penyeimbang antara ilmu dan ahlak sebuah madrasah diniyah harus bermutu, untuk menjadi bermutu harus mampu mengelola berbagai macam sumberdaya yang dimiliki madrasah, diantaranya adalah strategi guru. Fokus penelitian tesis ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembinaan akhlak santri di Madrasah Diniyah Mamba'ul Hikam Botorandan Madrasah Diniyah Maher Arriyadh Domasan Tulungagung ?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak santri di Madrasah Diniyah Mamba'ul Hikam Botoran dan Madrasah Diniyah Maher Arriyadh Domasan Tulungagung ? ; 3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan dalam pembinaan akhlak santri di Madrasah Diniyah Mamba'ul Hikam Botoran dan Madrasah Diniyah Maher Arriyadh Domasan Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan jenis penelitian yang dipakai adalah studi multi situs, dan pendekatan penelitian adalah kualitatif. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (penyajian data), Conclusion Drawing (Verifikasi). Hasil penelitian: 1) perencanaan pembinaan akhlak nonformal dilakukan dengan beberapacara : a) musyawarah awal tahun, b) menyampaikan tata tertib madarasah, c) komitmen untuk mendidik santri. 2) pelaksanaan pembinaan akhlak di lembaga pendidikan Islam nonformal dilakukan dengan menggunakan metode hikmah, uswah dan demonstrasi, b) Mewajibkan santri memakai seragam, c) Menegur langsung bagi santri yang melanggar, d) Pembinaan melalui pengajaran di kelas. 3) pelaksanaan pembinaan akhlak di lembaga pendidikan Islam nonformal dilakukan dengan, a) Rapatevaluasi, b) Teguran secara langsung, c) Kontrol pengurus pada KBM, d) Daftar hadir.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2846124015 MUHAMMAD KHOIRI |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 07:46 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 07:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6082 |
Actions (login required)
View Item |