PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN HALAL DAN HALAL AWARENESS TERHADAP MINAT BELI MAKANAN HALAL PADA GENERASI Z DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

ACHMAD IRFAN NUGROHO, 126402213240 (2025) PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN HALAL DAN HALAL AWARENESS TERHADAP MINAT BELI MAKANAN HALAL PADA GENERASI Z DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Halal dan Halal Awareness Terhadap Minat Beli Makanan Halal Pada Generasi Z di Kabupaten Tulungagung” yang ditulis oleh Achmad Irfan Nugroho, NIM. 126402213240, pembimbing Dianita Meirini, S. A., M. Si. Kata Kunci : religiusitas, pengetahuan halal, halal awareness, minat beli, industri halal, teori perilaku konsumen. Ekonomi syariah dan industri keuangan Islam yang saat ini sedang mengalami perkembangan, khususnya perkembangan pada sector makanan halal. Industri halal saat ini telah menjadi salah satu sektor ekonomi yang paling berkembang, tidak hanya di negara mayoritas Muslim tetapi juga di pasar global, termasuk di Indonesia. Penelitian ini menghubungkan faktor ekonomi yaitu Minat Beli dengan aspek Religiusitas, Pengetahuan Halal dan Halal Awareness berdasarkan teori ekonomi perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Halal dan Halal Awareness Terhadap Minat Beli, untuk menguji pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Beli, untuk menguji pengaruh Pengetahuan Halal Terhadap Minat Beli, dan untuk menguji pengaruh Halal Awareness Terhadap Minat Beli. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang standar dan manfaat produk halal serta penguatan halal awareness untuk mendorong minat beli. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan ialah data primer yang diperoleh dari sampel penelitian. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden generasi z. Selain itu data pendukung berupa data kependudukan tahun 2023 juga diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) secara simultan religiusitas, pengetahuan halal dan halal awareness berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan halal, sedangkan secara parsial 2) religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan halal, 3) pengetahuan halal memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli makanan halal, 4) halal awareness berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli makanan halal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402213240 ACHMAD IRFAN NUGROHO
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:16
Last Modified: 12 Aug 2025 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60874

Actions (login required)

View Item View Item