AIDATUL FITRI MULQIAH, 12308183079 (2025) PENGARUH PROKRASTINASI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (944kB) |
Abstract
Latar belakang dalam kajian ini adalah UPTD SDN Gandamulya merupakan sekolah dasar yang memiliki Tingkat disiplin yang tergolong baik, namun masih ada beberapa siswa/siswi yang memiliki rasa disiplinnya kurang seperti terlambat mengumpulkan tugas, tidak mengerjakan tugas (pekerjaan Rumah), datang terlambat, tidak mau piket kelas dll hal tersebut yang menjadikan focus peneliti untuk meneliti perilaku prokrastinasi dan kedisiplinan siswa/I UPTD SDN Gandamulya. Tujuan di susunnya penelitian ini untuk membuktikan apakah ada pengaruh yang signifikan antara prokrastinasi terhadap kedisplinan siswa dalam mengerjakan tugas kajian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 peserta didik kelas 5 dengan jumlah 18 peserta didik dan kelas 6 sejumlah 20 siswa , pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dengan sampel penelitian 30 siswa/I kelas, metode pengumpulan data menggunakan skala likert modifikasi dengan skala prokrastinasi dan skala kedisiplinan sisiwa. Dengan metode analisis data menggunakan uji Validasi dan Reliabilitas, kemudian analisis statistik deskriftif,, Uji asumsi Klasik (Uji linieritas dan uji normalitas), dan Uji Hipotesis menggunkana metode regresi linier sederhana. Hasil analisis statistik deskriptif dengan hasil Variabel Prokrastinasi (X) dengan nilai minimum 48 sedangkan nilai maksimum sebanyak 77 dengan rata-rata (mean) prokrastinasi sebanyak 67.3667, dan standar deviation prokrastinasi sebesar 6.44062. untuk hasil kategorisasi Variabel Prokrastinasi menunjukkan bahwa kategori prokrastinasi berada pada kategori tinggi dengan persentase 100% dan untuk kategori Variabel Kedisiplinan 1 siswa masuk kedalam kategori sedang dengan persentasi 3,3% dan 29 siswa/i masuk dalam kategori tinggi dengan persentasi 96,7%. Pada hasil uji Reliabel Skala Prokrastiansi menghasilkan nilai cronbach’s Alpha > nilai batas yaitu 0.887 > 0.60 dan menunjukkan bahwa variabel prokrastinasi dapat dikatakan reliabel memenuhi standar reliabel, sedangkan pada uji Reliabel skala Kedisiplinan menunjukkan bahwa nilai cronbach’s Alpha > nilai batas (r tabel) yaitu 0.910 > 0.60 dari data di atas menunjukkan bahwa variabel prokrastinasi dapat di katakan reliabel dan memenuhi standar reliabel Variabel Kedisiplinan siswa (Y) dengan nilai minimum yaitu 41 sedangkan nilai maksimum kedisiplinan siswa sebanyak 93 dengan rata-rata (mean) kedisiplinan siswa sebanyak 75.4000, dan standar deviation kedisiplinan siswa sebanyak11.81933 dan analisis regresi linier sederhana dengan hasil yang menunjukkan bahwa nilai signifikan pengaruh prokrastinasi (X) terhadap kedisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas (Y) adalah -0.697 dengan taraf signifikan sebanyak 0,000 (p < 0.01) dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif prokrastinasi terhadap kedisiplinan sisiwa dalam menegrjakan tugas artinya semakin tinggi tingkat prokrastinasi maka semakin rendah tingkat kedisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas. nilai R square yaitu 0.017 hal ini menunjukkan bahwa pengaruh prokrastinasi hanya sebanyak 0.017% terhadap kedisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas untuk sisanya sekitar 99,983% di pengaruhi oleh variabel-variabel atau faktor lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Psikologi > Psikologi kepribadian Psikologi > Psikologi pendidikan Psikologi > Psikologi perkembangan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 12308183079 AIDATUL FITRI MULQIAH |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:19 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |