IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ SHIROTOL MUSTAQIM GANDUSARI TRENGGALEK

NORMA ANNISA, 126201212138 (2025) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ SHIROTOL MUSTAQIM GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (644kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Norma Annisa, NIM. 126201212138, dengan pembimbing Bapak Hawwin Muzakki, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Metode Ummi, Keterampilan, Membaca Al-Qur’an, TPQ (Taman Pendidikan Qur’an). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka buta huruf Al-Qur’an di Indonesia yang menunjukkan bahwa banyak masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa, belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Permasalahan ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap huruf hijaiyah, makhorijul huruf, dan kaidah tajwid yang menjadi dasar dalam membaca Al-Qur’an secara tartil. Salah satu metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah metode Ummi, yang dirancang untuk memperbaiki kesalahan umum dalam membaca Al-Qur’an serta menanamkan keterampilan membaca sesuai dengan kaidah tajwid melalui praktik langsung. Fokus penelitian ini adalah implementasi metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek, yang tertuang dalam pertanyaan penelitian berikut ini (1) Bagaimana perencanaan penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek? (4) Bagaimana implikasi penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek? Tujuan Penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) mendeskripsikan perencanaan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek. (2) menganalisis pelaksanaan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek. (3) mengevaluasi penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek. (4) mengetahui implikasi penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode yang didasarkan teori Miles, Huberman, dan Saldana yang menganalisis data dalam tiga langkah: data condensation (kondensasi data), data display (menyajikan data), dan conclusion drawing and verification (menarik simpulan atau verifikasi). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek adalah a) pembekalan metode Ummi bagi ustadzah, b) menentukan jadwal pembelajaran, c) penataan/setting tempat, d) persiapan materi. (2) pelaksanaan penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek adalah a) pembukaan, b) apersepsi, c) penanaman konsep, d) pemahaman konsep, e) latihan/keterampilan, f) evaluasi, g) penutup. (3) Evaluasi penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek adalah a) evaluasi harian, b) evaluasi kenaikan jilid, c) evaluasi hafalan. (4) Implikasi penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di TPQ Shirotol Mustaqim Gandusari Trenggalek adalah a) pengucapan makhorijul huruf yang baik dan benar, b) pengenalan dan pemahaman tajwid yang meningkat, c) tadarus Al-Qur’an pada bulan Ramadhan sebagai uji publik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212138 NORMA ANNISA
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:30
Last Modified: 15 Aug 2025 08:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61011

Actions (login required)

View Item View Item