DHEA AYU RAHMADINA, 126204213169 (2025) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Self-Efficacy dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar pada Peserta Didik Kelas VII Di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Dhea Ayu Rahmadina, NIM 126204213169, Pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Self-Efficacy, Bangun Ruang Sisi Datar Kemampuan berpikir kritis sangat penting dalam pembelajaran matematika, namun siswa di Indonesia masih menunjukkan capaian yang cukup rendah. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan menghafal tanpa memahami konsep serta rendahnya kepercayaan diri atau self-efficacy siswa. Self-efficacy berperan besar dalam mendorong siswa untuk berani menghadapi dan menyelesaikan masalah, terutama dalam mempelajari matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dengan self-efficacy tinggi dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar pada peserta didik kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dengan self-efficacy sedang dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar pada peserta didik kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. 3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dengan self-efficacy rendah dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar pada peserta didik kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan soal tes, wawancara, dan angket. Penelitian dilakukan di kelas VII J dengan jumlah 30 siswa. Subjek yang digunakan untuk wawancara yakni 6 siswa dengan 2 siswa dengan self-efficacy tinggi, 2 siswa dengan self-efficacy sedang, dan 2 siswa dengan self-efficacy rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan Self-Efficacy tinggi mampu memenuhi enam atau seluruh indikator kemampuan berpikir kritis. Siswa mampu melakukan identifikasi masalah, mengevaluasi, mengambil keputusan/kesimpulan, serta memecahkan masalah dengan langkah penyelesaian yang sistematis, tepat dan logis. 2) Siswa dengan Self-Efficacy sedang kurang mampu memenuhi enam atau seluruh indikator kemampuan berpikir kritis. Siswa kurang mampu dalam mengidentifikasi dengan benar, mengevaluasi dengan cermat, mengambil keputusan/kesimpulan serta memecahkan masalah dengan langkah penyelesaian yang sistematis dan tepat. 3) Siswa dengan Self-Efficacy rendah tidak mampu memenuhi enam atau seluruh indikator kemampuan berpikir kritis. tidak mampu dalam melakukan mengidentifikasi dengan benar, mengevaluasi dengan teliti, mengambil keputusan/kesimpulan dengan tepat dan memecahkan masalah dengan langkah penyelesaian yang sistematis dan tepat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Matematika > Geometri Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204213169 DHEA AYU RAHMADINA |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 03:07 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |