AHMAD FARIZ ALVIWANDA, 12210173081 (2024) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MIPA 2 DI MA SUNAN KALIJOGO. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (592kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI MIPA 2 di MA Sunan Kalijogo” ini ditulis oleh Ahmad Fariz Alviwanda, NIM 12210173081, dosen pembimbing Dra. Siti Zumrotul Mulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Menulis Cerpen Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan sastra yang bersifat produktif dan ekspresif. Proses pembelajaran menulis cerpen yang kurang inovatif membuat siswa kesulitan menuangkan ide-idenya dan kurang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. awalnya pembelajaran keterampilan menulis cerpen di kelas XI MIPA 2 mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Namun setelah guru mengganti strategi pembelajaran, keterampilan menulis siswa menjadi lebih baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis perlu melakukan penelitian terkait dengan strategi guru dalam pembelajaran menulis cerpen di kelas XI MIPA 2. Untuk itu penelitian ini diberi judul “Strategi Guru dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI MIPA 2 di MA Sunan Kalijogo”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan guru dalam pembelajaran menulis cerpen di kelas XI MIPA 2 di MA Sunan Kalijogo. (2) mendeskripsikan pelaksanaan guru dalam dalam pembelajaran menulis cerpen di kelas XI MIPA 2 di MA Sunan Kalijogo. (3) mendeskripsikan evaluasi guru dalam dalam pembelajaran menulis cerpen di kelas XI MIPA 2 di MA Sunan Kalijogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian studi kasus (case study). Penelitian ini dilaksanakan di MA Sunan Kalijogo Kediri. Sumber data dari penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan kegiatan pembelajaran menulis cerpen. Data primer penelitian ini adalah hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia serta hasil observasi dan dokumentasi kegiatan pembelajaran menulis cerpen di kelas XI MIPA 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan penemuan dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian yakni (1) Perencanaan pembelajaran menulis cerpen di kelas XI MIPA 2 di MA Sunan Kalijogo berupa RPP, disusun oleh guru bahasa Indonesia. Guru bahasa indonesia menjadikan RPP sebagai pedoman dalam pembelajaran. Penyusunan RPP umumnya dilakukan guru pada saat awal semester, dalam kondisi khusus penyusunan RPP dilakukan dengan pertimbangan sesuai kondisi sekolah dan kebutuhan siswa. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen di kelas XI MIPA 2 di MA Sunan Kalijogo sudah memenuhi standar proses permendiknas. Dibuktikan dengan tiga kegiatan pembelajaran yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (3) Proses penilaian yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis cerpen adalah penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra > Cerpen Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173081 AHMAD FARIZ ALVIWANDA |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:58 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |