HODRI FUNGKIUUDIN, 126209212085 (2025) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTS MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pengelolaan kelas merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran karena berfungsi menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, tertib, dan mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), keberhasilan guru dalam mengelola kelas mencakup penataan fisik, penegakan disiplin, hingga pembinaan interaksi sosial yang positif antara siswa dan guru. Pengelolaan kelas yang efektif diyakini dapat menumbuhkan motivasi belajar serta meningkatkan kemampuan kognitif siswa secara keseluruhan. Permasalahan dalam penelitian ini difokuskan pada apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Rumusan masalah yang diajukan meliputi: (1) Apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa? (2) Apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap kemampuan kognitif siswa? dan (3) Apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa secara simultan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel terdiri dari 63 siswa kelas IX yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi angket, tes pretest dan posttest, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample t-test dan MANOVA dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa. Untuk motivasi belajar, nilai signifikansi sebesar 0,042 < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima . Pada kemampuan kognitif siswa, nilai signifikansi t-test sebesar 0,033 < 0,05 dengan selisih rata-rata post-test sebesar 9,688 poin (kelas eksperimen = 69,69 dan kelas kontrol = 60,00) . Selain itu, hasil uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,016 < 0,05, yang mengindikasikan bahwa pengelolaan kelas secara simultan memengaruhi kedua variabel tersebut . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas yang baik mampu meningkatkan motivasi sekaligus kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209212085 HODRI FUNGKIUUDIN |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 07:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 07:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |