PENGGUNAAN VIDEO AJAR BERBASIS YOUTUBE UNTUK MENGOPTIMALKAN INTERAKSI BELAJAR SISWA PADA MATERI SOSIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII MTsN 2 KOTA BLITAR

NAILA ALFIATUR ROHMAH, 126209211030 (2025) PENGGUNAAN VIDEO AJAR BERBASIS YOUTUBE UNTUK MENGOPTIMALKAN INTERAKSI BELAJAR SISWA PADA MATERI SOSIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (476kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (618kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Video Ajar Berbasis Youtube untuk Mengoptimalkan Interaksi Belajar Siswa pada Materi Sosiologi dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Naila Alfiatur Rohmah (126209211030) jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata kunci: Video Ajar, Youtube, Interaksi Belajar, Pembelajaran IPS, MTsN 2 Kota Blitar Penelitian ini membahas penggunaan video ajar berbasis Youtube untuk mengoptimalkan interaksi belajar siswa pada materi sosiologi dalam pembelajaran IPS di Kelas VII MTsN 2 Kota Blitar. Latar belakang kajian ini meliputi banyaknys siswa yang terlihat kurang aktif dalam pembelajaran, kurangnya antusiasme siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan rendahnya partisipasi siswa dalam diskusi kelas maupun dalam kegiatan belajar. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan video ajar berbasis Youtube untuk Mengoptimalkan Interaksi Belajar Siswa pada Materi Sosiologi dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII MTsN 2 Kota Blitar?. (2) Bagaimana dampak penggunaan video ajar berbasis Youtube untuk Mengoptimalkan Interaksi Belajar Siswa pada Materi Sosiologi dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII MTsN 2 Kota Blitar?. (3) Bagaimana tantangan penggunaan video ajar berbasis Youtube untuk Mengoptimalkan Interaksi Belajar Siswa pada Materi Sosiologi dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII MTsN 2 Kota Blitar?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan video ajar berbasis Youtube untuk Mengoptimalkan Interaksi Belajar Siswa pada Materi Sosiologi dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII MTsN 2 Kota Blitar. (2) Untuk mengetahui dampak penggunaan video ajar berbasis Youtube untuk Mengoptimalkan Interaksi Belajar Siswa pada Materi Sosiologi dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII MTsN 2 Kota Blitar. (3) Untuk mengetahui tantangan penggunaan video ajar berbasis Youtube untuk Mengoptimalkan Interaksi Belajar Siswa pada Materi Sosiologi dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII MTsN 2 Kota Blitar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi terhadap guru, siswa, dan pihak sekolah. Analisis data dilakukan dengan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data divalidasi melalui tringulasi sumber, teknik, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video ajar berbasis Youtube dalam pembelajaran IPS kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar mampu mengoptimalkan interaksi belajar siswa secara signifikan. Media ini tidak hanya menjadikan pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami, tetapi juga meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman siswa terhadap materi sosiologi secara lebih konkret. Dukungan fasilitas serta kebijakan madrasah yang progresif turut memperkuat keberhasilan integrasi media digital dalam pembelajaran. Meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti keterbatasan perangkat dan gangguan teknis, guru tetap berperan aktif dalam mencari solusi dan berinovasi agar pembelajaran berjalan efektif. Dengan demikian, video ajar berbasis Youtube terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sesuai dengan teori Azhar Arsyad.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209211030 NAILA ALFIATUR ROHMAH
Date Deposited: 20 Aug 2025 07:52
Last Modified: 20 Aug 2025 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61151

Actions (login required)

View Item View Item