MEIDA AULIA RETNO PALUPI, 126204203162 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA MAN 4 JOMBANG DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (5kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Number Sense Siswa MAN 4 Jombang Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis pada Materi Barisan dan Deret” ini ditulis oleh Meida Aulia Retno Palupi, NIM. 126204203162, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Number Sense, Kecerdasan Logis Matematis, Barisan dan Deret. Pendidikan merupakan kebutuhan esensial bagi setiap individu untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Salah satu komponen penting dalam pendidikan adalah matematika, yang berfungsi mengembangkan pola pikir logis dan analitis siswa. Matematika, khususnya dalam konsep bilangan, memiliki peran sentral dalam kehidupan sehari-hari dan berbagai bidang ilmu, seperti teknologi, ekonomi, dan sains. Salah satu aspek kunci dalam pemahaman matematika adalah kemampuan number sense, yaitu kepekaan terhadap bilangan dan hubungan antar bilangan, yang memungkinkan seseorang untuk memecahkan masalah secara fleksibel tanpa terikat pada prosedur tradisional. Kemampuan number sense ini menjadi sangat penting dalam memahami materi matematika yang lebih kompleks, seperti barisan dan deret.Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis kemampuan number sense siswa di MAN 4 Jombang, ditinjau dari kecerdasan logis matematis mereka pada materi barisan dan deret. Kecerdasan logis matematis mencakup kemampuan berpikir logis, analitis, dan sistematis dalam menyelesaikan masalah matematis.Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di MAN 4 Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembagian angket untuk memperoleh data tingkat kecerdasan logis matematis, tes kemampuan number sense, dan wawancara untuk mendalami kemampuan number sense. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kemampuan number sense dan kecerdasan logis matematis siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret. Siswa dengan kecerdasan logis matematis yang tinggi dapat menyelesaikan soal dengan baik, memenuhi semua komponen number sense, yaitu Understanding Number Sense Magnitude, Mental Computation, Computational Estimation, dan Judging Reasonableness of Results. Siswa dengan kecerdasan logis sedang cenderung hanya dapat memenuhi tiga komponen tersebut, yaitu Mental Computation, Computational Estimation, dan Judging Reasonableness of Results. Sementara itu, siswa dengan kecerdasan logis rendah hanya dapat memenuhi satu komponen, yaitu Understanding Number Sense Magnitude. Temuan ini menunjukkan pentingnya pengembangan kedua aspek, yaitu number sense dan kecerdasan logis matematis, dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi barisan dan deret.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204203162 MEIDA AULIA RETNO PALUPI |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 04:04 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 04:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |