STRATEGI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAFASAN KELAS 8 DI MTS DARUL HUDA BATU AMPAR KALIMANTAN SELATAN

MUHAMMAD ZAKKY FAUZAN DEVANI, 12208183119 (2024) STRATEGI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAFASAN KELAS 8 DI MTS DARUL HUDA BATU AMPAR KALIMANTAN SELATAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (384kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan di kelas 8 di MTs Darul Huda Batu Ampar, Kalimantan Selatan. Pengamatan awal menunjukkan bahwa siswa cenderung pasif dalam pembelajaran tradisional, yang lebih berfokus pada pengajaran satu arah dari guru tanpa melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman mendalam terhadap materi dan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk mengatasi masalah ini, pendekatan pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL) dipilih sebagai strategi alternatif yang dianggap dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara langsung melalui diskusi kelompok dan pemecahan masalah kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep ilmiah, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif yang esensial dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian yaitu: (1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan kelas 8 di MTs Darul Huda Batu Ampar?; (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan kelas 8 di MTs Darul Huda Batu Ampar?; (3) Bagaimana evaluasi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang efektif untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan kelas 8 di MTs Darul Huda Batu Ampar? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung dan dokumentasi terhadap implementasi PBL di kelas 8 MTs Darul Huda Batu Ampar, serta wawancara dengan guru dan siswa mengenai pengalaman mereka dalam proses belajar mengajar. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan model pembelajaran PBL yang matang, meliputi perumusan tujuan pembelajaran, pengembangan skenario masalah, pemilihan sumber belajar, dan perancangan langkah-langkah pembelajaran, sangat berperan dalam mengarahkan siswa pada pembelajaran yang lebih bermakna; (2) penerapan PBL melalui pembagian kelompok siswa yang heterogen, penggunaan skenario masalah yang relevan, dan fasilitasi diskusi kelompok efektif meningkatkan keterlibatan siswa, mendorong mereka untuk lebih aktif dalam mengeksplorasi materi dan memecahkan masalah yang diberikan; dan (3) evaluasi melalui penilaian formatif, sumatif, refleksi, dan umpan balik efektif dalam memantau perkembangan belajar siswa serta memperbaiki proses pembelajaran. Dengan demikian, implementasi PBL terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem pernafasan dan keterampilan berpikir kritis mereka. Penelitian ini merekomendasikan agar sekolah dapat mengadopsi PBL secara lebih luas untuk memperbaiki hasil belajar siswa pada materi lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183119 MUHAMMAD ZAKKY FAUZAN DEVANI
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:06
Last Modified: 21 Aug 2025 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61199

Actions (login required)

View Item View Item