RIFKAL SYIHABU ROSIKHIN, 1880506220047 (2025) IMPLEMENTASI PENILAIAN MUNAQOSAH DALAM STANDARISASI KEMAMPUAN MEMBACA DAN HAFALAN AL – QUR’AN SISWA (Studi Multi Kasus di SMA Khadijah Surabaya dan SMK Baitul Izza Tulungagung). [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis yang berjudul “Implementasi Peniliain Munaqosah Dalam Standarisasi Kemampuan Membaca dan Menghafal Al – Quran Siswa ( Stdi Multi Situs SMA Khadijah Surabaya dan SMK Baitul Izza Tulungagung” ditulis oleh Rifkal Syihabu Rosikhin, NIM. 1880506220047. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam,Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbingoleh Prof. Dr. Sokip, M.Pd. I dan Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Penilaiain, Munaqosah, Standarisasi, Kemampuan Membaca dan Kemampuan Menghafal Penelitian ini dilatarbelakangi realita islam di Indonesia belum banya yang bisa membaca alquran dengan baik dan benar dengan penduduk penganut islam sebesar 2,37 miliar yang belum bisa membaca alqruan dengan baik dan benar sebnayak 60 % dan 35% bisa membaca alquran dengan baik dan benar. Sehingga peneliti ingin mencari solusi hal tersebut dengan mencari sekolah yang berbasis pondok dengan standarisasi kemmapuan membaca dan menghafal alquran . Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1 Bagaimana Perencanaan Penilaian Munaqosah Terhadap Standarisasi Kemampuan Membaca dan Hafalan Al - Qur;an di SMA Al-Khadijah Surabaya dan SMK Baitul Izza Tulungagung ?. (2) Bagaimana Mekanisme Implementasi Penilaian Munaqosah Terhadap Standasrisasi Kemampuan Membaca dan Hafalan Al - Qur;an di SMAKhadijah Surabaya dan SMK Baitul Izza Tulungagung ? (3) Bagaimana Evaluasi Penilaian Munaqosah Terhadap Standarisasi Kemampuan Membaca dan Hafalan Al - Qur;an di SMA Al�Khadijah Surabaya dan SMK Baitul Izza Tulungagung ?. Metode penelitian yang dipakai adalah Penelitian Kualitatif denga sifat penelitian desktiftif ditinjau dari tempatnya penelitian lapangan. Pendekatan yang dugunakan fenomenologis dengan jenis metode multisitus. Hasil penelitian ini menguraikan bahwasannya: (1) Dalam perencanaan hasil data melakukan MOU / Mengadopsi penilaian munaqosah Melakukan MOU / mengadopsi penilaiain munaqosah, Membuat Struktur kepengruusan tartil, Melakukan rekrutmen guru yang mempunyai sertifikas, Membuat rumpun MGMP Mulok Tartil, emberikan Supervisi, Memberikan Pelatihan Guru, Membuat Prota, Promes, RPP, dan Silabus (2) Mekanisme Penilaiain Munaqosah di dua sekolah Melakukan Placement Tes atau dijadiakn satu kelas satu angkatan, Menggunakan Juklah Metode sesuai ketentuan yayasan , Dilaksanakan jam tartil sesaui dengan aktu yang ditentukan yayasan, Rekomendasi bagi siswa yang memenuhi syarat. (3) Evaluasi Penilaian munaqosah Membagi kelas sesuai dengan kemampuan siswa atau melakukan tes untuk mengatahui hasil evaluasi, Melukakn juklak hasil dari Tim yayasan atau kordinasi dengan yayasan lain untuk mengets kemampuan siswa
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan Islam > Pondok pesantren Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1880506220047 RIFKAL SYIHABU ROSIKHIN |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 01:57 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 01:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |