PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI INTEGRAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII MAN 3 TULUNGAGUNG

NAWA LAILATUR ROHMAH, 126204211053 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI INTEGRAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (514kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (440kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengembangan E-Modul Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Integral Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XII MAN 3 Tulungagung ini ditulis oleh Nawa Lailatur Rohmah, NIM.126204211053, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M. Pd. Kata kunci: E-modul, Kurikulum merdeka, Minat belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya bahan ajar berbasis kurikulum merdeka dalam pembelajaran. Selain itu, penggunanaan bahan ajar yang tidak menarik dan pembelajaran yang monoton menyebabkan minat belajar siswa rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya inovasi dalam penggunaan bahan ajar untuk meningkatkan minat belajar siswa, khususnya pada materi integral. Bahan ajar yang dikembangkan yaitu e-modul berbasis kurikulum merdeka pada materi integral. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kevalidan e-modul berbasis kurikulum merdeka pada materi integral, (2) mendeskripsikan kepraktisan e-modul berbasis kurikulum merdeka pada materi integral, (3) mendeskripsikan keefektifan penggunanan e-modul berbasis kurikulum merdeka pada materi integral dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XII MAN 3 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XII MAN 3 Tulungagung. Teknik pengumpulan data meliputi lembar angket validasi dan respon, lembar observasi, dan lembar angket minat belajar siswa. Teknik analisis data meliputi teknis analisis kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan media. Hasil penelitian dan pengembangan ini didapatkan (1) hasil dari uji kevalidan dari produk e-modul berbasis kurikulum merdeka pada materi integral mendapatkan persentase 87,07% dari segi materi dan 88,3% untuk segi media, yang mana masuk kategori valid. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis kurikulum merdeka pada materi integral ini valid dari segi materi dan media, (2) hasil uji kepraktisan dari respon guru mendapatkan rata-rata persentase 90, 76% dengan kategori sangat paraktis. Hasil lembar observasi guru mendapatkan persentase 81,25% dengan kategori baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis kurikulum merdekan pada materi integral praktis digunakan guru dalam pembelajaran, (3) hasil uji keefektifan e-modul berbasis kurikulum merdeka pada materi integral mendapatkan rata-rata persentase 82,94% dari respon siswa dengan kategori efektif. Lembar observasi siswa memperoleh rata-rata persentase 85,7% dengan kategori baik. Sedangkan rata-rata perolehan hasil minat belajar siswa sebelum menggunakan e-modul sebesar 61,8% dengan kategori rendah. Hasil minat belajar siswa setelah penggunaan e-modul memperoleh rata-rata persentase 80,5% dengan kategori tinggi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan e-modul berbasis kurikulum merdeka efektif digunakan oleh siswa dalam pembelajaran dan cukup efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211053 NAWA LAILATUR ROHMAH
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:54
Last Modified: 25 Aug 2025 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61256

Actions (login required)

View Item View Item