RISALATUL LUTFIANA, 12201193060 (2023) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN BELAJAR AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (621kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Al-Qur’an Peserta Didik di MTs Assyafi’iyah Gondang” ini ditulis oleh Risalatul Lutfiana, NIM. 12201193060, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata 1 Institut Agama Islam Tulungagung Pembimbing: Moh. Ali Abdul Shomad Very Eko Atmojo, S.Ag, M.Pd.I.` Kata Kunci: Upaya Guru Al-Qur’an Hadits, Kemampuan Belajar Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh begitu pentingnya belajar AlQur’an, namun pada realitanya di sekolah banyak dijumpai siswa yang kurang mampu bahkan belum mampu dalam membaca, menulis bahkan menghafal Al-Qur’an. Padahal AlQur’an diakui sebagai kitab suci dan menjadi pedoman hidup sehari-hari. Saat ini anak-anak lebih disibukkan dengan kegiatan umum disekolah. Sehingga banyak sekali anak-anak muslim lulusan sekolah dasar yang masih buta huruf terhadap Al-Qur’an. Maka dari itu, sekarang banyak lembaga pendidikan islam yang berupaya untuk menciptakan lulusan berkualitas dalam bidang keislaman seperti yang diterapkan di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Oleh karena itu, peran guru, terutama guru Al-Qur’an Hadits sangat dibutuhkan dalam upaya peningkatan kemampuan belajar Al-Qur’an tersebut sebagai bekal untuk kelangsungan hidup dan mempertahankan nilai-nilai Agama Islam di masa mendatang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung?. 2) Apa Kendala guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan membaca Al-Qur’an peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. 2) Untuk mengetahui apa kendala guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi. Hasil dari penelitian adalah 1) untuk meningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an upaya yang dilakukan adalah dengan cara membiasakan membaca Al-Qur’an bersama-sama diawal pelajaran. pada saat mengajar, guru Al-Qur’an Hadits juga sering meminta siswa nya membaca ayat Al-Qur’an yang menjadi materi saat itu. Selain itu setiap hari sabtu, ada guru mengaji yang didatangkan dari luar agar siswa tidak merasa bosan. Dengan begitu siswa yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an sedikit demi sedikit akan lancar. Untuk meningkatkan kemampuan menulis Al-Qur’an, disela-sela pelajaran guru juga sering menuliskan ayat-ayat Al-Qur’an atau hadits di papan tulis dan meminta siswa nya untuk menulis kembali ayat tersebut pada bukunya. Selain itu guru juga terus memotivasi siswa nya agar terus memperbaiki tulisannya bagi siswa yang kurang baik tulisannya. Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan belajar menghafal Al-Quran, di awal pertemuan guru AlQuran Hadits mempunyai program untuk menghafal surat Al-Fatihah beserta artinya. Kemudian setelah hafal surat Al-Fatihah beserta artinya, disetiap akhir bab guru meminta siswa nya untuk menghafal surat yang terdapat pada bab yang sudah dipelajari tersebut. 2) Banyak penyebab atau kendala dari kesulitan membaca, menulis maupun menghafal AlQur’an seperti tidak mengetahui dan mengenal huruf hijaiyah, tidak mengenal kaidah ilmu tajwid, lupa, malas, tidak ada panjang pendek dalam membaca Al-Qur’an, terbata-bata dan ragu-ragu dalam membaca Al-Qur’an, tidak percaya diri dalam membaca Al-Qur’an karena takut salah. Kendala yang dialami guru adalah Peserta Didik yang Malas, Tidak Sabar, dan Berputus asa serta Peserta Didik yang tidak bisa memanfaatkan waktu
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193060 RISALATUL LUTFIANA |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:58 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |