MAIRANI KHARISTA PUTRI, 126304212148 (2025) PERENCANAAN KOMUNIKASI PADA PENYELENGGARA HAJI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BLITAR DALAM PELAYANAN CALON JAMAAH HAJI DI KABUPATEN BLITAR TAHUN 2024. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (829kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Perencanaan Komunikasi pada Penyelenggara Haji Kementerian Agama Kabupaten Blitar dalam Pelayanan Calon Jamaah Haji di Kabupaten Blitar Tahun 2024” ini ditulis oleh Mairani Kharista Putri, NIM. 126304212148, dengan pembimbing Ulfi Nurfaiza, M.Sos Kata Kunci: Perencanaan Komunikasi, Pelayanan, Penyelenggara Haji Penyelenggara haji Kementerian Agama Kabupaten Blitar memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji. Dengan terus meningkatnya jamaah haji perlu dilakukan perencanaan komunikasi secara sistematis untuk menentukan program yang akan dilaksanakan kedepan agar menghasilkan pelayanan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan komunikasi pada penyelenggara haji Kementerian Agama Kabupaten Blitar dalam Pelayanan Calon Jamaah Haji tahun 2024. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah memperoleh data, peneliti melakukan analisis melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan melakukan analisis triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan komunikasi pada penyelenggara haji Kementerian Agama Kabupaten Blitar dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji tahun 2024 telah diterapkan dengan baik mulai dari: Pertama, kebutuhan finansial pada BPIH dengan mendapatkan Rp. 90 juta per jamaah haji untuk program dan kebutuhan lainnya mulai dari sosialisasi, bimbingan, pelatihan, konsumsi, akomodasi, dan transportasi. Kedua, need assessment dimulai melalui rapat koordinasi dengan mendata mulai jumlah usia, latar belakang, kondisi kesehatan, dan membentuk perencanaan untuk melakukan program seperti SAPA jamaah, cek kesehatan, manasik, dan sebagainya. Ketiga, resources terdiri dari tim internal Kepala Kementerian Agama Kabupaten Blitar, KASI dan staf penyelenggara haji, KBIH, pemerintah daerah, imigrasi, dinas kesehatan, BPKH, dishub, kepolisian, dan media. Keempat, impact dapat memberikan informasi secara jelas dan mudah diakses serta memberikan perlindungan kepada jamaah haji baik umum maupun khusus. Kelima, program alternatif melalui beberapa tahap mulai dari sosialisasi pendaftaran. sosialisasi SAPA jamaah haji, penyuluhan paspor, pelunasan manasik haji, koordinasi dengan instansi seperti KBIH, dinas kesehatan, pelatihan ketua regu dan ketua rombongan, serta prioritas jamaah haji lansia dan kategori khusus.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Haji Komunikasi Islam Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | 126304212148 MAIRANI KHARISTA PUTRI |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:38 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |