SHIERA NADA NASUHA, 126209211041 and BAGUS SETIAWAN, 12201183408 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMAN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER..pdf Download (774kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
BAB II..pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
![]() |
Text
BAB IV..pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kepercayaan Diri Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMAN 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Shiera Nada Nasuha, NIM 126209211041, Pembimbing Bagus Setiawan M.Pd., NIDN 2015038801 Kata Kunci: Model Talking Stick, Kepercayaan Diri, Keaktifan Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang menunjukkan rendahnya rasa kepercayaan diri terutama dalam hal mengungkapkan pendapat. Pada pembelajaran geografi siswa cenderung pasif dan jarang sekali ada yang bertanya atau mengungkapkan pendapat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan, serta mampu mendorong kepercayaan diri dan keaktifan belajar siswa. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah penggunaan model pembelajaran talking stick. Melalui pendekatan ini siswa didorong untuk lebih berani dalam mengungkapkan pendapat pada proses pembelajaran sehingga suasana kelas menjadi lebih interaktif dan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa secara bertahap. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Srengat Blitar? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Srengat Blitar? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kepercayaan diri dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Srengat Blitar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Srengat Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kepercayaan diri dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Srengat Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kepercayaan diri dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunaan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasy Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X SMAN 1 Srengat Blitar. Sampel penelitian ini menggunakan 34 siswa kelas kontrol dan 34 siswa kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kepercayaan diri siswa. Analisis data pada pengujian hipotesis menggunakan uji T yaitu uji Independent sampel T-Test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Srengat Blitar. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Nilai sig. 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Srengat Blitar. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (3) Model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap kepercayaan diri dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Srengat Blitar. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209211041 SHIERA NADA NASUHA |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:09 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |