NURSANMILA WIDYA SAPUTRI, 126205202100 (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 DI SDI AL–HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (707kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul ‘’Penerapan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 Di SDI Al – Hidayah Samir, Ngunut, Tulungagung’’, NIM 126205202100, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Moh. Arif, M.Pd. Penelitian ini didasarkan pada Permendikbud No. 65 Tahun 2013, yang mengamanatkan agar siswa belajar sesuai dengan 12 prinsip pembelajaran. Oleh karena itu, para pendidik harus mahir dalam menggunakan berbagai macam strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu para guru dalam menggunakan metode dan media yang sesuai dengan kurikulum. Penelitian ini juga bertujuan untuk membuat kegiatan pembelajaran lebih menarik pada peserta didik sekolah dasar dengan menggunakan media pembelajaran maka peneliti mendesain PowerPoint interaktif sebagai media pembelajaran IPA pada materi Sifat, Wujud dan perubahan benda peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian menggunakan metode deskriptif analitis. Teknik dalam mengumpulkan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penggunaan media PowerPoint untuk meningkatkan hasil belajar kelas 5 di SDI Al-Hidayah. Dalam penelitian ditemukan bahwa pada saat proses pembelajaran siswa kelas kurang memahami dan sulit menerima materi pelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada peserta didik kelas 5 SDI Al – Hidayah Samir Ngunut Tulungagung Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah hasil belajar siswa SDI Al – Hidayah. Penelitian ini menggunakan desain Stephan Kemmis dan Robin MC Taggart, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media PowerPoint pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 SDI Al – Hidayah. Kata Kunci : PowerPoint Interaktif, Media Pembelajaran, IPA
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202100 NURSANMILA WIDYA SAPUTRI |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 04:26 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 04:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61342 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |