STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Multisitus di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung)

MAIN TOHAROH, 1755154027 (2017) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Multisitus di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Guru Kelas dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Studi Multisitus di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung dan MI AL-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung)” ini ditulis oleh Main Toharoh dengan dibimbing oleh Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru Kelas, Hasil Belajar, Matematika Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di mana dalam kemampuan pemahaman konsep dan juga pemecahan masalah peserta didik terhadap materi matematika masih lemah. Hal ini diperlukan adanya perhatian lebih dari para pengajar matematika di sekolah dasar. Karena akan berdampak buruk pada penurunan dari hasil belajar peserta didik. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan membenahi sistem pembelajaran di sekolah. Pembelajaran matematika di sekolah diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan juga pemecahan masalah sehingga hasil belajar peserta didikpun juga akan meningkat. Untuk mengatasi masalah-masalah dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut, tentu diperlukan sebuah strategi yang dipandang mampu mengatasi kesulitan guru melaksanakan tugas mengajar dan juga kesulitan peserta didik. Guru harus mampu menggunakan dan memilih strategi yang tepat untuk membantu peserta didik mencapai tujuan belajar yang maksimal. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana metode yang digunakan guru kelas dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas V tahun ajaran 2016/2017 di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung?, (2) Bagaimana media yang digunakan guru kelas dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas V tahun ajaran 2016/2017 di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung?, (3) Bagaimana evaluasi yang digunakan guru kelas dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas V tahun ajaran 2016/2017 di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Metode yang digunakan guru kelas dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas V tahun ajaran 2016/2017 di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung, (2) Media yang digunakan guru kelas dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas V tahun ajaran 2016/2017 di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung, (3) Evaluasi yang digunakan guru kelas dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas V tahun ajaran 2016/2017 di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi situs, lokasinya di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Data dan sumber data: 1. Primer: kepala sekolah, guru, waka kurikulum, dan peserta didik; 2. Sekunder: dokumentasi, serta arsip-arsip. Pengumpulan data penelitian ini dengan observasi partisipan, wawancara mendalam serta teknik dokumentasi. Pengecekan data kembali dengan triangulasi dan perpanjangan kehadiran. Untuk analisis data, peneliti mengumpulkan data kemudian reduksi data, penyajian data selanjutnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Metode yang digunakan MIN Pandansari dan MI Al-Ifadah dalam meningkatkan hasil belajar matematika adalah menggunakan metode variasi yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi, metode inkury dan metode problem solving. Dengan menggunakan metode yang bervariasi dapat membuat siswa termotivasi, tidak jenuh, dan tertarik untuk terus mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Sehingga pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa, (2) Jenis media yang digunakan MIN Pandansari dan MI Al-Ifadah dalam meningkatkan hasil belajar matematika salah satunya yaitu jenis media visual. Manfaat dari penggunaan media pembelajaran matematika adalah melalui media pembelajaran materi yang bersifat abstrak bisa lebih kongkret. Dan juga dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran, selain itu media juga dapat menambah motivasi siswa didalam belajar. Sehingga nantinya juga akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, dan (3) Evaluasi yang digunakan di MIN Pandansari dan MI Al-Ifadah adalah evaluasi proses dan juga evaluasi hasil berupa tes tulis dan juga tes lisan, dan beberapa instrumen tes lainnya. Dari evaluasi tersebut bisa diketahui peningkatan pemahaman dan juga hasil belajar

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: MAIN TOHAROH
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:52
Last Modified: 13 Oct 2017 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6138

Actions (login required)

View Item View Item