IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN MEMBACA JUZ 'AMMA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MAN 3 TULUNGAGUNG

ERLYANA AINUN NADHIROH, 126201211016 (2025) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN MEMBACA JUZ 'AMMA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Implementasi Metode Pembiasaan Membaca Juz 'Amma dalam Meingkatkan Karakter Religius Peserta Didik di MAN 3 Tulungagung" yang ditulis oleh Erlyana Ainun Nadhiroh, NIM. 126201211016, Dosen Pembimbing Zulfa Husnawati, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Metode Pembiasaan, Membaca Juz ‘Amma, Karakter Religius. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembiasaan membaca juz ‘amma dalam mempengaruhi karakter religius peserta didik. Penerapan yang baik akan mempengaruhi karakter religius peserta didik baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar. Peningkatan karakter tidak hanya dilakukan melalui pembelajaran melainkan dapat melalui pembiasaan kegiatan keagamaan agar dapat terdidik dari segi karakter dan akhlaknya. Maka peneliti akan membahas tentang implementasi metode pembiasaan membaca juz ‘amma dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MAN 3 Tulungagung dari sisi perencanaan, pelaksanaan, serta hasilnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembiasaan membaca juz ‘amma untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, metode deskriptif, dan jenis penelitian studi kasus, lokasi penelitian MAN 3 Tulungagung, sumber data mencangkup kepala madrasah, guru Al-Qur’an Hadits, koordinator keagamaan, dan peserta didik. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik anlisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabshahan data menggunakan teknik kredibilitas data dengan cara perpanjangan keikutsertaan, triangulasi data, serta ketekunan/keajegan pengamatan. Adapun hasil temuan penelitian sebagai berikut: 1) Perencanaan dimulai dengan menentukan latar belakang, perencanaan dengan mempersiapkan alokasi waktu, tempat, dan matei bacaan, serta perumusan tujuan. 2) Pelaksanaan dilakukan sebelum proses belajar mengajar dimulai. Terdapat alokasi waktu, tempat, serta materi bacaan yang telah ditentukan, kegiatan dilaksanakan atas pendampingan bapak/ibu guru yang mengajar pada jam pertama. Peraturan dan ketentuan yang berlaku berupa diwajibkan untuk memiliki wudhu dan membawa Al-Qur’an masing-masing dari rumah. 3) Hasil menunjukkan terdapat peningkatan dari segi karakter religius yang diperoleh dari dimensi religiusitas tepatnya diambil dari dimensi pengalaman yang menunjukkan bahwa peserta didik MAN 3 Tulungagung menunjukkan sikap jujur, amanah, gotong royong, dan menjaga lingkungan hidup. Disamping itu terdapat faktor pendukung meliputi, pemberian teladan dan pendampingan terhadap peserta didik, kemampuan peserta didik membaca Al-Qur’an, serta fasilitas kegiatan yang memadai. Kemudian, terdapat juga faktor penghambat yang meliputi, peserta didik kurang menghagai waktu, serta latar belakang peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201211016 ERLYANA AINUN NADHIROH
Date Deposited: 27 Aug 2025 03:58
Last Modified: 27 Aug 2025 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61410

Actions (login required)

View Item View Item