NUR FARIKA, 126210212093 (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NURUL IKHSAN KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (732kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Anak Tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Kediri” ini ditulis oleh Nur Farika, NIM 126210212093, dengan pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Anak Tunagrahita, SLB, Kurikulum Merdeka Pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus, khususnya siswa tunagrahita memerlukan pendekatan yang adaptif dan berpusat pada kebutuhan individual siswa. Latar belakang penelitian ini didasari oleh adanya tuntutan Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat pada siswa, serta perlunya adaptasi khusus dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, khususnya siswa tunagrahita.Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan dan menganalisis pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Kediri. Fokus utama penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa tunagrahita.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dengan mengamati langsung proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Selain itu, peneliti melakukan wawancara kepada guru SLB. Peneliti juga mengumpulkan dokumentasi hasil pembelajaran siswa, dan analisis instrumen refleksi siswa serta rapor pendidikan sekolah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan guru dengan mengacu pada capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka dan disesuaikan dengan karakteristik kognitif siswa tunagrahita. Strategi pembelajaran yang diterapkan meliputi penggunaan metode konkret, visual, dan kegiatan interaktif seperti ice breaking yang terbukti efektif meningkatkan keterlibatan siswa. Refleksi dari peserta didik menunjukkan respons positif terhadap proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan meningkatnya antusiasme dan kenyamanan siswa saat belajar. Faktor utama yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran adalah fleksibilitas guru dalam mengelola kelas serta penyusunan perencanaan yang adaptif dan kontekstual.Dengan demikian, implementasi Kurikulum Merdeka di SLB Nurul Ikhsan Kediri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa tunagrahita berjalan cukup efektif, ditandai dengan perencanaan yang sistematis, pelaksanaan yang kreatif, dan evaluasi yang mempertimbangkan karakteristik siswa. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan guru dalam menyusun pembelajaran berdiferensiasi serta perlunya penguatan dukungan dari satuan pendidikan dalam menyediakan sarana belajar yang sesuai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210212093 NUR FARIKA |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 04:00 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |