NUR WAKHIDATUT TAMAMMAH, 126308212138 and ABDULLOH CHAKIM, 197301071998031003 (2025) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA/SISWI BERMASALAH DI SMPN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua terhadap Kepercayaan Diri Siswa/Siswi Bermasalah di SMPN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Wakhidatut Tamammah, NIM 126308212138. Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Abdulloh Chakim, M.Pd. Kata Kunci: Dukungan Sosial Orangtua, Kepercayaan Diri, Siswa Bermasalah Fenomena broken home mengacu pada situasi keluarga yang tidak lagi dalam keadaan utuh, baik akibat perceraian orangtua, perpisahan, atau hilangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua terhadap anak. Kondisi ini seringkali menjadi sumber utama rendahnya kepercayaan diri siswa. Padahal, kepercayaan diri itu diperlukan bagi remaja untuk membentuk identitas diri yang positif. Dan, salah satu faktor yang berpengaruh, adalah dukungan sosial orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat dukungan sosial dan tingkat kepercayaan diri siswa/siswi bermasalah di SMPN 3 Tulungagung. (2) Untuk menganalisis pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap kepercayaan diri siswa/siswi bermasalah di SMPN 3 Tulungagung. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosisatif. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah seluruh populasi siswa bermasalah SMPN 3 Tulungagung sebanyak 41 siswa. Metode pengumpulan data yang dipilih untuk penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji validitas isi/konten dengan uji aikens’v, uji validitas butir product momen, uji reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis melalui uji t. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Tingkat dukungan sosial orang tua siswa bermasalah di SMPN 3 Tulungagung mayoritas sedang. Pada kategori rendah sebanyak 32% atau 13 siswa, kategori sedang sebanyak 59% atau 24 siswa, dan kategori tinggi sebanyak 10% atau 4 siswa. Adapun tingkat kepercayaan diri siswa bermasalah di SMPN 3 Tulungagung mayoritas sedang. Pada kategori rendah sebanyak 44% atau 18 siswa, kategori sedang sebanyak 46% atau 19 siswa, dan kategori tinggi sebanyak 10% atau 4 siswa. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan antara dukungan sosial orang tua terhadap kepercayaan diri siswa bermasalah SMPN 3 Tulungagung. Hasil pengujian hipotesis dengan t test diperoleh bahwa nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan. Artinya, semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka akan semakin tinggi kepercayaan diri siswa bermasalah SMPN 3 Tulungagung. Begitupun sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orang tua maka akan semakin rendah kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi kepribadian |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308212138 NUR WAKHIDATUT TAMAMMAH |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 04:34 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 04:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61540 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |