IMPLEMENTASI NILAI NILAI ASWAJA DALAM MEMBANGUN AKHLAK KHARIMAH PADA SISWA DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG

MUHAMAD SAMSUL HUDA, 3211113129 (2017) IMPLEMENTASI NILAI NILAI ASWAJA DALAM MEMBANGUN AKHLAK KHARIMAH PADA SISWA DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Dalam Membangun Akhlak Karimah Pada Siswa Di Mts Al Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Samsul Huda, NIM 3211113129, Pembimbing Dr. H. Syamsun Ni’am, M. Ag. NIP 19730214 200003100 1. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemerostoan akhlak. Hal ini sering terjadi pada anak usia sekolah menengah pertama atau Madrasah Tsanawiyah. Anak pada usia ini condong bergaul dengan teman sebayanya dan mudah terpengaruh oleh teman sejawatnya, bahkan mulai tumbuh keinginan untuk tampil beda agar mendapat perhatian dari anggota atau dari orang – orang di sekitarnya. Pengaruh negatif teman terhadap perilaku anak pada usia ini dampaknya cukup besar. Karena itu mereka memerlukan pendidikan agama yang termasuk di dalamnya pendidikan akhlak guna membentuk akhlak mulia. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana Implementasi Nilai-Nilai ASWAJA pada Siswa di MTs Al Ma’arif Tulungagung? 2)Bagaimana Konsep Implementasi Nilai-Nilai ASWAJA pada Siswa di MTs Al Ma’arif Tulungagung? 3)Bagaimana Dampak Implementasi Nilai-Nilai ASWAJA pada Siswa di MTs Al Ma’arif Tulungagung? Skripsi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang dapat dijadikan sebagai masukan untuk mengantisipasi permasalahan pendidikan Islam sekarang dan yang akan datang. Dengan study ini juga diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dibidang pendidikan Islam khususnya pada diri penulis dan umumnya kepda para pembaca. Untuk mengetahui aktualisasi serta relevansi implementasi nilai-nilai ASWAJA dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Dalam metode ini digunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, ovservasi dan juga dokumentasi. Analisis data menggundakan triangulasi data yang meliputi data reduction (penolakan data). Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi nilai-nilai ASWAJA dalam pendidikan Islam di MTs Al – Ma’arif Tulungagung yang menekankan cerminan nilai-nilai Aswaja diwujudkan dalam bentuk kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran dengan pembekalan teori , aktifitas ritual (amaliah-amaliah) dan pengajaran akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian Implementasi nilai-nilai Aswaja di MTs Al – Ma’arif Tulungagung tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga aplikatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113129 MUHAMAD SAMSUL HUDA
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:33
Last Modified: 02 Oct 2017 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6156

Actions (login required)

View Item View Item