UPAYA GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 2 BLITAR

NOVA ELIYANA LESTARI, 126201213264 and MUHAMMAD MUNTAHIBUN NAFIS, 197803182005011003 (2025) UPAYA GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (545kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Blitar” ini ditulis oleh Nova Eliyana Lestari, NIM. 126201213264, dengan pembimbing Dr. H. M. Muntahibun Nafis, M. Ag. Kata Kunci: Media Audio Visual, Pemahaman Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam, MTsN 2 Blitar Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di madrasah sering mengalami kendala dalam hal penyampaian materi yang menarik dan mudah dipahami siswa. Hal ini dikarenakan karakteristik materi SKI yang cenderung naratif dan minim visualisasi, sehingga siswa merasa jenuh dan kesulitan memahami isi pelajaran. Media audio visual sebagai salah satu bentuk teknologi pembelajaran modern dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Oleh karena itu, guru perlu memiliki strategi yang tepat dalam memilih dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis audio visual agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif, menarik, dan bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1.) bentuk perencanaan guru dalam menggunakan media audio visual 2.) pelaksanaan penggunaannya dalam pembelajaran, serta 3.) implikasinya terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru SKI, dan siswa MTsN 2 Blitar. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru merancang pembelajaran dengan baik menggunakan media audio visual, seperti video sejarah dan animasi interaktif. Dalam pelaksanaannya, media ini mampu meningkatkan perhatian dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Adanya audio dan visualisasi secara bersamaan membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah dan menarik. Implikasi dari pemanfaatan media audio visual ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi SKI secara signifikan serta mendorong motivasi belajar yang lebih tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213264 NOVA ELIYANA LESTARI
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:38
Last Modified: 02 Sep 2025 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61562

Actions (login required)

View Item View Item