PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 3 TULUNGAGUNG

ADHISTA DHEVY ICHSANNANDA, 126205211002 and USWATUN HASANAH, 199201262019032019 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (300kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah pada Peserta Didik Kelas IV di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Adhista Dhevy Ichsannanda, NIM: 126205211002, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd.I. M.Pd. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Memecahkan Masalah. Keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada peserta didik dapat dipengaruhi oleh kreativitas guru dalam memilih model pembelajaran dan menciptakan suasana belajar yang menarik. Namun, pada faktanya tingkat keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya yaitu proses pembelajaran yang kurang menarik karena guru masih menerapkan model pembelajaran yang konvensional. Walaupun terkadang proses pembelajaran juga sudah menerapkan metode diskusi, namun diskusi yang diterapkan yaitu diskusi biasa dengan membahas materi secara bersama-sama. Hal ini menyebabkan materi pembelajaran hanya akan dikuasai oleh peserta didik yang menonjol dan pandai berbicara saja, sebaliknya peserta didik yang kurang aktif dan tidak menonjol akan merasa terbebani sehingga tidak akan mampu mengembangkan kemampuannya. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan keterampilan berpiki kritis dan memecahkan masalah pada peserta didik, salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas IV di MIN 3 Tulungagung; 2) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan memecahkan masalah pada peserta didik kelas IV di MIN 3 Tulungagung; dan 3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada peserta didik kelas IV di MIN 3 Tulungagung yang mana penelitian ini dibatasi pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MIN 3 Tulungagung yang berjumlah 81 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 orang dan kelas IV-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) serta 2) uji hipotesis (uji t-test dan uji MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) hasil uji t-test keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.001 < 0.05, maka H01 ditolak dan Ha1 diterima; 2) hasil uji t-test keterampilan memecahkan masalah diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar (<0.001) < 0.05, maka H02 ditolak dan Ha2 diterima; dan 3) hasil uji MANOVA tes keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah diperoleh nilai signifikansi sebesar (<0.001) < 0.05, maka H03 ditolak dan Ha3 diterima. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu bahwa 1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas IV di MIN 3 Tulungagung; 2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan memecahkan masalah pada peserta didik kelas IV di MIN 3 Tulungagung; dan 3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada peserta didik kelas IV di MIN 3 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211002 ADHISTA DHEVY ICHSANNANDA
Date Deposited: 04 Sep 2025 06:52
Last Modified: 04 Sep 2025 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61577

Actions (login required)

View Item View Item