DEVI INDAH FITRIANA, 126208212071 and NANI SUNARMI, 199103222019032017 (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORATIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS VII MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Kolaboratif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Kelas VII MTsN 5 Tulungagung” ditulis oleh Devi Indah Fitriana, NIM 126208212071, Pembimbing Nani Sunarmi, S.Si. M.Sc. Kata Kunci : Project Based Learning (PjBL), Kolaboratif, Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dan kemampuan kolaborasi salah satunya adalah model pembelajaran. Pembelajaran yang diterapkan masih cenderung menggunakan model pembelajaran direct instruction dan teacher center. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi kurang optimal, membuat siswa cepat bosan dan kurang berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran serta tidak terlatih untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kolaborasi. Oleh karena itu, model Project Based Learning diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kolaborasi dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui terdapatnya pengaruh penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Kolaboratif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Kelas VII MtsN 5 Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 5 Tulungagung dengan sampel kelas VII A dan kelas VII B Teknik analisis data pada uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, pada uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-Independent sample T-Test dan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Kolaboratif Siswa Pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Kelas VII MTsN 5 Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji Independent sample T-Test dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 2) Terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Kelas VII MTsN 5 Tulungagung dibuktikan dengan hasil uji Independent sample T-Test dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 3) Terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Kolaboratif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Kelas VII MTsN 5 Tulungagung dibuktikan dengan uji Manova didapatkan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Ekosistem Biologi > Lingkungan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208212071 DEVI INDAH FITRIANA |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 01:29 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 01:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |