FITROTUL HILMI, 126201211025 and MUHAMMAD DWI TORIYONO, 199209202023211024 (2025) IMPLEMENTASI MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR FIQIH SISWA DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) ROUDLOTUL MUTAALIMIN KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (980kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (549kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Mind Mapping dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Fiqih Siswa di MAS Roudlotul Mutaalimin Kanigoro Blitar” ditulis oleh Fitrotul Hilmi, NIM 126201211025, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Muhammad Dwi Toriyono, S.Pd.I., M.Pd Kata Kunci: Mind Mapping, Pemahaman Belajar, Fiqih Penelitian ini dilatar belakangi adanya berbagai masalah dalam proses pembelajaran yang menyebabkan tujuan pembelajaran tercapai dengan kurang maksimal, baik dari kualitas pendidik maupun keterbatasan sarana dan prasarana pendukung. Mind mapping merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan untuk meningkatkan semangat belajar siswa dalam proses pembelajaran, siwa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran, baik dengan guru maupun dengan teman sekelompoknya, sehingga memudahkan mereka dalam mengingat dan memahami materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan desain mind mapping dalam meningkatkan pemahaman belajar fiqih siswa di MAS Roudlotul Mutaalimin, (2) untuk mendeskripsikan konten mind mapping dalam meningkatkan pemahaman belajar fiqih siswa di MAS Roudlotul Mutaalimin, (3) untuk mendeskripsikan evaluasi mind mapping dalam meningkatkan pemahaman belajar fiqih siswa di MAS Roudlotul Mutaalimin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru Fiqih, dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Guru telah menyusun rancangan pembelajaran dengan menyesuaikan media, metode, dan teknik pembelajaranya. Selanjutnya, guru menyampaikan kepada siswa gambaran materi yang akan dipelajari, kemudian membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk membuat mind mapping secara kolaboratif. (2) Konten mind mapping yang disusun secara menarik dan kolaboratif dalam kelompok bertujuan untuk menciptakan pembelajaran lebih aktif dan kreatif, sehingga peserta didik lebih mudah memahami terkait Fiqih Siyasah yaitu materi peradilan dalam Islam. (3) Evaluasi penggunaan mind mapping menunjukkan bahwa secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Meskipun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti keadaan kelas yang di luar ruangan (outdoor) dan keterbatasan waktu kegiatan belajar mengajar Fiqih.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211025 FITROTUL HILMI |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:12 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |