ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN TEORI NOLTING DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DWI NISAUL HIDAYAH, 126204211020 and MARYONO, 198103302005011007 (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN TEORI NOLTING DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (811kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Teorema Pythgoras Berdasarkan Teori Nolting Di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Dwi Nisaul Hidayah, NIM. 126204211020, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Teorema Pythgoras, Teori Nolting Masalah yang terjadi dalam penelitian ini adalah adanya beberapa kesalahan-kesalahan yang dilakukan beberapa siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung dalam menyelesaikan soal matematika sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Mereka mengalami kesulitan memahami masalah matematika dalam hal tidak memahami konsep dengan baik, dan tidak memeriksa kembali langkah-langkah perhitungan atau hasilnya. Peneliti menentukan jenis kesalahan berdasarkan jenis kesalahan Teori Nolting karena jenis kesalahan menurut Teori Nolting sangat cocok untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menjawab soal pada pokok pembahasan materi Teorema Pythgoras karena berkaitan dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa Kelas VIII SMPN 2 sumbergempol Tulungagung dengan kemampuan akademik tinggi, rendah, dan sedang dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Nolting. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dilaksanakan di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis dan wawancara untuk mendalami kesalahan yang dilakukan subjek yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa berkemampuan tinggi melakukan 1 jenis kesalahan yaitu kesalahan kecerobohan (Careless errors); (2) siswa berkemampuan sedang melakukan 2 jenis yaitu kesalahan kecerobohan (Careless errors) dan kesalahan saat melakukan tes (Test talking errors); (3) siswa berkemampuan rendah melakukan 3 jenis kesalahan yaitu kesalahan membaca petunjuk (Misread directions), kesalahan kecerobohan (Careless errors), dan kesalahan saat melakukan tes (Test talking errors).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211020 DWI NISAUL HIDAYAH
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:47
Last Modified: 02 Sep 2025 04:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61599

Actions (login required)

View Item View Item