PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERKONTEKS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI KIMIA HIJAU

NAFIDATUL USNAH, 126212211020 and ALI AMIRUL MU’MININ, 198504262023211016 (2025) PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERKONTEKS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI KIMIA HIJAU. [ Skripsi ]

[img] Text
C0VER.pdf

Download (529kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Discovery Learning Berkonteks SocioScientificIssues terhadap Kemampuan Argumentasi dan Motivasi Belajar pada Materi Kimia Hijau” ini ditulis oleh Nafidatul Usnah, NIM. 126212211020, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Katakunci : Discovery learning berkonteks SSI, kemampuan argumentasi ilmiah, motivasi belajar, kimia hijau Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa pada abad ke-21 yaitu kemampuan argumentasi. Hasil observasi pembelajaran di SMA Sunan Giri Menganti menunjukkan kemampuan argumentasi dan motivasi siswa masih rendah. Salah satu faktornya dikarenakan pembelajaran kimia masih berpusat pada guru, dengan pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan peserta didik kurang aktif dan tidak semangat dalam belajar. Diperlukan adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengetahui pengaruh discovery learning berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) dalam meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah. 2) Mengetahui pengaruh discovery learning berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) dalam meningkatkan kemapuan motivasi belajar siswa. 3) Mengetahui pengaruh discovery learning berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian menggunakan metode quasiexperiment dengan desain posttes only control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Sunan Giri Menganti. Sampel penelitian ini adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen terdiri dari 37 dan elas X-3 sebagai kelas kontrol terdiri dari 36 siswa . pengambilan sampel menggunakan Teknik purposivesampling. Pengumpulan data menggunakan tes berupa essay untuk mengukur kemampuan argumentasi dan instrument berupa angket untuk mengukur motivasi belajar. Sebelum instrument diujikan terlebih dahulu dilakukan uji validita dan uji reliabilitas. Selanjutnya melakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Selanjutnya uji hipotesis, dimana uji ini yang digunakan adalah independent t-test dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh model discovery learning berkonteks socio scientific issues terhadap kemampuan argumentasi ilmiah pada materi kimia hijau dengan sig 0,000 < 0,05 sehingga menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh model discovery learning berkonteks socio scientific issues terhadap motivasi ilmiah pada materi kimia hijau dengan sig 0,001 < 0,05 sehingga menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Ada pengaruh model discovery learning berkonteks socio scientific issues terhadap kemampuan argumentasi ilmiah dan motivasi belajar pada materi kimia hijau dengan sig 0,000 < 0,05 sehingga menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212211020 NAFIDATUL USNAH
Date Deposited: 02 Sep 2025 08:00
Last Modified: 02 Sep 2025 08:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61617

Actions (login required)

View Item View Item