TEGAR SYAFI'I, 126201212160 and SAIFUL BAHRI, 197101052007011034 (2025) PENERAPAN MODERASI BERAGAMA DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERAN SISWA DI SMA NEGERI 4 KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (654kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (534kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi degan judul “Penerapan Moderasi Beragama dalam Meningkatkan Sikap Toleran Siswa di SMA Negeri 4 Kediri” ini ditulis oleh Tegar Syafi’I, NIM. 126201212160, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN SATU Tulungagung, pembimbing Saiful Bahri, S.Ag, M.Pd.I Kata kunci : Moderasi Beragama, Sikap Toleran Dalam konteks Indonesia yang multikultural, sekolah berperan sebagai institusi strategis untuk menanamkan nilai-nilai inklusivitas dan kerukunan. Moderasi beragama menjadi strategi krusial untuk menjaga keutuhan bangsa, mengingat keragaman agama, suku, dan budaya berpotensi memicu gesekan sosial jika tidak dikelola dengan baik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerapan moderasi beragama dalam meningkatkan sikap toleran siswa di SMA Negeri 4 Kediri ? (2) Bagaimana pelaksanaan penerapan moderasi beragama dalam meningkatkan sikap toleran siswa di SMA Negeri 4 Kediri ? (3) Bagaimana evaluasi penerapan moderasi beragama dalam meningkatkan sikap toleran siswa di SMA Negeri 4 Kediri ? Tujuan dari adanya penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan moderasi beragama dalam meningkatkan sikap toleran siswa di SMA Negeri 4 Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan moderasi beragama dalam meningkatkan sikap toleran siswa di SMA Negeri 4 Kediri. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan moderasi beragama dalam meningkatkan sikap toleran siswa di SMA Negeri 4 Kediri. Dalam skripsi ini penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif serta menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi (triangulasi sumber dan triagulasi metode), dan pembahasan dengan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan penerapan moderasi beragama di SMA Negeri 4 Kediri merancang kebijakan moderasi beragama melalui integrasi nilai Pancasila dalam visi-misi sekolah, penyusunan jadwal pembelajaran agama yang fleksibel, serta alokasi ruang ibadah inklusif. (2) Pelaksanaan moderasi beragama di Sekolah mengimplementasikan pendekatan terpisah namun setara. (3) Evaluas Keberhasilan program diukur melalui indikator non-akademik, seperti tidak adanya konflik SARA, partisipasi 85-90% siswa dalam kegiatan keagamaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212160 TEGAR SYAFI'I |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 07:20 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 07:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |