PENGARUH PEMAHAMAN TRIGONOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH RUKYATUL HILAL PADA SISWA KELAS XI AGAMA MAN WLINGI BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017

AHMAD MUQORROBIN, 2814133004 and MISWANTO, 198508272011011006 (2017) PENGARUH PEMAHAMAN TRIGONOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH RUKYATUL HILAL PADA SISWA KELAS XI AGAMA MAN WLINGI BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
daftar Rujukan.pdf

Download (96kB)
[img] Text
lampiran upload.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemahaman Trigonometri Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Rukyatul Hilal Pada Kelas XI Agama MAN Wlingi Blitar Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Ahmad Muqorrobin, NIM. 2814133004, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Pengaruh, Trigonometri, Menyelesaikan Masalah. Mayoritas siswa belum mengerti dan paham dalam menyelesaikan masalah rukyatul hilal yang didalamnya terdapat materi trigonometri yang telah diajarkan pada kelas sebelumnya. Padahal rukyatul hilal yang masuk dalam kajian ilmu falak ini juga dikaji bagaimana cara menentukan awal bulam hijriyah dengan perhitungan, awal waktu sholat, dan arah kiblat sangat penting untuk dipelajari, dipahami dan dipratekkan terutama bagi kalangan masyarakat muslim, akan tetapi kenyataannya baik dilingkungan kita sendiri banyak yang tidak tahu akan bagaimana cara penentuan awal bulan hijriyah tersebut. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman trigonometri terhadap kemampuan menyelesaikan masalah Rukyatul Hilal pada siswa kelas XI Agama di MAN Wlingi Tahun ajaran 2016/2017 (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman trigonometri terhadap kemampuan menyelesaikan masalah Rukyatul Hilal pada siswa kelas XI Agama di MAN Wlingi Tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI dengan pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI Agama sejumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil analisi data diperoleh Fhitung=43,603 untuk tes pemahaman trigonometri dengan taraf sig.=0,000 dan Ftabel=3,27 dengan taraf sig.= 0,05. Sehingga . Sedangkan Thitung=6,603 dengan Ttabel=2,0281. Sehingga Thitung> Ttabel. Maka penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman trigonometri terhadap kemampuan menyelesaikan masalah rukyatul hilal pada siswa kelas XI Agama MAN Wlingi Blitar. Adapun besar nilai korelasi atau hubungan (r) adalah 0,740.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133004 AHMAD MUQORROBIN
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:54
Last Modified: 04 Sep 2025 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61638

Actions (login required)

View Item View Item