PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PLSV KELAS VII MTsN 3 BLITAR

FATIMATUS SA'IIDAH, 126204211025 and UMMU SHOLIHAH, 198008222008012018 (2025) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PLSV KELAS VII MTsN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (761kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sa’iidah, Fatimatus. 2025. Pengaruh Model Reciprocal Teaching dengan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa Materi PLSV Kelas VII MTsN 3 Blitar. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, PLSV. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih konvensional. Sehingga, perlu adanya model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa untuk ikut aktif dalam proses pembelajaran. Model Reciprocal Teaching dapat dijadikan sebagai model yang relevan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pada model pembelajaran ini, siswa dituntut untuk mampu menguasai materi yang dipelajarinya terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model Reciprocal Teaching dengan media power point terhadap hasil belajar siswa materi PLSV kelas VII MTsN 3 Blitar. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model Reciprocal Teaching dengan media power point terhadap hasil belajar siswa materi PLSV kelas VII MTsN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Post-Test Only Control Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Reciprocal Teaching dengan media Power Point dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 3 Blitar yang berjumlah 351 siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-I sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan siswa kelas VII-G sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji t (Independent Sample T-Test) dan uji cohen’s d effect size untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model Reciprocal Teaching dengan media power point terhadap hasil belajar siswa materi PLSV kelas VII MTsN 3 Blitar. Pengujian hipotesis dengan uji t (Independent Sample T-Test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000. (2) besar pengaruh model Reciprocal Teaching dengan media power point terhadap hasil belajar siswa materi PLSV kelas VII MTsN 3 Blitar masuk dalam kategori sangat besar. Pengujian uji cohen’s d effect size yang dilakukan menunjukkan hasil sebesar 1,31. Dengan demikian, model Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika > Linear
Matematika
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211025 FATIMATUS SA'IIDAH
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:28
Last Modified: 03 Sep 2025 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61646

Actions (login required)

View Item View Item