PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN I TERTEK TULUNGAGUNG

ROFIATUN NAFIAH, 2817133169 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN I TERTEK TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas IV SDN I Tertek Tulungagung”. Ini ditulis oleh Rofiatun Nafiah, NIM. 2817133169, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Susanto,M.Pd. Kata Kunci : Kooperatif, Make A Match, dan Hasil Belajar Bahasa Inggris,. Dari hasil pengamatan awal di SDN I Tertek Tulungagung selama dalam pembelajaran ditemukan bahwa terdapat peserta didik yang kesulitan dalam menguasai kosakata serta kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran. Sementara itu dari hasil belajar Bahasa Inggris menunjukkan masih dibawah KKM yaitu dibawah 70. Disamping itu ditemukan bahwa pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Dalam penelitian ini peneliti melakukan inovasi pembelajaran yang belum pernah dilakukan sebelumnya yakni menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match untuk mengatasi masalah tersebut yang secara langsung berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Ingris peserta didik kelas IV SDN I Tertek Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match yang dikembangkan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan Occupation Kelas IV SDN I Tertek Tulungagung? 2). Bagaimana peningkatan hasil belajar dalam pelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan Occupation melalui penerapan model pembelajaran koopertaif tipe Make A Match yang dikembangkan pada peserta didik kelas IV SDN I Tertek Tulungagung? 3). Bagaimana peningkatan keaktifan dalam pembelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan Occupation melalui penerapan model pembelajaran koopertaif tipe Make A Match yang dikembangkan pada peserta didik kelas IV SDN I Tertek Tulungagung?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar. Proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini meliputi : 1. Tahap perencanaan (Plan), 2. Tahap pelaksanaan (action), 3. Tahap observasi (Observe), 4. Tahap refleksi (Reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik kelas IV SDN I Tertek Tulungagung. Sedangkan metode wawancara, observasi, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Bahasa Inggris, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Model pembelajaran yang digunakan oleh peneliti dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas IV materi Occupation adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Adapun langkah-langkah dalam model pembelajarn kooperatif tipe Make A Match antara lain: 1) peneliti menyiapkan kartu-kartu soal dan jawaban. 2). Kelas dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B. 3). Peneliti membagikan kartu soal pada setiap peserta didik kelompok A dan membagikan kartu jawaban pada setiap peserta didik kelompok B. 4). Peserta didik diminta untuk mencari pasangan kartu yang telah diterimanya. 5). Peserta didik yang menemukan pasangan kartu harus berdiri berdampingan dan mendapatkan poin. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan keaktifan melalui Penerapan Model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match mata pelajaran Bahasa Inggris peserta didik Kelas IV di SDN I Tertek Tulungagung menunjukkan bahwa dari penelitian di Siklus I dan Siklus II di temukan perkembangan keaktifan masing-masing peserta didik, terbukti peningkatan skor point perkembangan keaktifan peserta didik pada Siklus I sebesar 85% dan pada Siklus II sebesar 95%. Peningkatan prosentase keaktifan peserta didik dari Siklus I ke Siklus II sebesar 10%. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dapat diketahui dari skor hasil dari nilai prosentase rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik 37,50% pada Pre-Test, meningkat menjadi 65,62% pada Post-Test Siklus I, dan meningkat lagi menjadi 84,37% pada Post-Test Siklus II. Peningkatan nilai prosentase rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik dari Siklus I ke Siklus II sebesar 18,75%. Selain dapat dilihat dari prosentase nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik sekurang-kurangnya ¬ 75% dari seluruh jumlah peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan Keaktifan dan Hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris peserta didik Kelas IV di SDN I Tertek Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133169 ROFIATUN NAFIAH
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:30
Last Modified: 13 Oct 2017 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6165

Actions (login required)

View Item View Item