SENA PERWIRA NASA PUTRA, 2811123208 (2017) KREATIFITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (998kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (690kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (205kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (181kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreatifitas Guru Mata Pelajar Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Sena Perwira Nasa Putra, NIM.2811123208, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2017, Dosen Pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri M.Pd. Konteks Penelitian ini adalah bahwa masalah kreatifitas seorang guru merupakan masalah yang serius karena pendidikan agama Islam merupakan pondasi berpijak pada peserta didik guna menata kepribadian yang utuh. Karena seorang guru pendidikan agama Islam hanya mempunyai waktu 2x45 menit dalam satu minggu untuk mengajar, sedangkan materi yang akan diajarkan begitu luas sehingga agar pembelajaran mampu mencapai tujuan yang diharapkan, seorang guru pendidikan agama Islam harus kreatif dalam mengembangkan pembelajaranya. Adapun tujuan dari penelitian yang akan dilakukan ini adalah; (1) Untuk mengetahui kreatifitas guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan bahan ajar untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol,(2) Untuk mengetahui kreatifitas guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan media ajar untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol,(3) Untuk mengetahui dampak kreatifitas guru pendidikan agama Islam terhadap kualitas hasil belajar siswa di SMPN 1 Sumbergempol. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif.Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalahwawancara, observasidan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalahkualitatifdenganlangkahreduksi data, display data atau penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan mengeceknya dengan berbagai sumber data dan memanfaatkan berbagai metode agar pengecekan kepercayaan data dapat dilakukan.Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data yang kongkrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa,Kreatifitas guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan dan menggunakan bahan ajar untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Dalam pengembangan dan penggunaan bahan ajar sendiri guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sumbergempol menggunakan bahan ajar berupa bahan ajar visual dan multimedia, untuk bahan ajar visual meliputi BKS (buku kerja siswa), buku paket, buku-buku lain yang terkait dengan materi. Sedangkan untuk bahan ajar berupa multimedia meliputi pemanfaatan teknologi internet sebagai bahan ajar lain, yang bertujuan untuk menambah wawasan siswa. Kreatifitas guru pendidikan agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan pretasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Dalam pengunaan media pembelajaran sendiri guru pendidikan agama Islam menggunakan media elektronik baik komputer, hp, laptop, LCD proyektor baik yang ada di kelas – kelas, maupun yang ada di masjid, media cetak baik LKS, buku pegangan siswa, dan buku-buku lain yang relevan agar para siswa biasa merasa senang, nyaman dan tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang itu-itu saja semisal dengan metode ceramah. Serta hal ini bisa mengeksplore kemampuan siswa dalam penggunaan media baik media elektronik dan media cetak dalam mengamalkan atau mengaplikasikan materi – materi yang ada. Dampak kreatifiatas guru mata pelajaran pendidikan agama Islam terhadap kualitas hasil belajar siswa, dari bentuk kreatifitas guru pendidikan agama Islam terhadap penggunaan dan pengembangan bahan ajar dan juga media ajar berdampak langsung pada peningkatan kualitas hasil belajar anak dari segi afektif, siswa menjadi lebih aktif dalam belajarnya, para siswa juga berani dalam melakukan presentasi di depan kelas, selain itu juga membuat para siswa merasa senang, nyaman, dan juga tidak merasa bosan ketika pembelajaran. Selain dari itu dengan kreatifitas yang dimiliki oleh seorang guru akan mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang diterangkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123208 SENA PERWIRA NASA PUTRA |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 06:40 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 06:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6167 |
Actions (login required)
View Item |