ROCHMATIN NAZILAH, 2817133168 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS III SDN 1 TERTEK TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas III SDN I Tertek Tulungagung”. Ditulis oleh Rochmatin Nazilah, NIM, 2817133168, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Arina Shofiya, M.Pd. Kata Kunci :Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture, Bahasa Inggris dan Prestasi Belajar. Dari hasil pengamatan awal di SDN I Tertek Tulungagung selama dalam proses pembelajaran ditemukan bahwa terdapat peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran. Sementara itu dari prestasi belajar Bahasa Inggris, capaiannya menunjukkan masih dibawah KKM yaitu dibawah 67. Disamping itu ditemukan bahwa pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Dalam penelitian ini peneliti melakukan inovasi pembelajaran yang belum pernah dilakukan sebelumnya yakni menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture And Picture untuk mengatasi masalah tersebut yang secara langsung berpengaruh terhadap peningkatan pestasi belajar Bahasa Ingris peserta didik kelas III SDN I Tertek Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peningkatan keaktifan siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris materi “Time” melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada peserta didik kelas III SDN I Tertek Tulungagung? 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris materi “Time” melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada peserta didik kelas III SDN I Tertek Tulungagung?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini meliputi : 1. Tahap perencanaan (Plan), 2. Tahap pelaksanaan (action), 3. Tahap observasi (Observation), 4. Tahap refleksi (Reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Bahasa Inggris peserta didik kelas III SDN I Tertek Tulungagung. Sedangkan metode wawancara, observasi, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang keaktifan dan prestasi belajar Bahasa Inggris. Model pembelajaran yang digunakan oleh peneliti dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas III materi Time adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Picture And Picture. Adapun langkah-langkah dalam model pembelajarn kooperatif tipe picture and picture antara lain: 1) peneliti menyiapkan gambar aktivitas sehari-hari dan jam. 2). Peneliti memberikan permainan atau game “bisik berantai” terkait materi Time. 3) Kelas dibagi menjadi empat kelompok. 4). Peneliti membagikan gambar aktivitas sehari-hari dan jam kepada setiap kelompok. 5). Peserta didik diminta untuk mengurutkan gambar aktivitas sehari-hari sesuai dengan jam yang benar. 6). Peserta didik yang menyelesaikan sebelum batas waktu habis akan mendapatkan poin. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, akhirnya dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Berdasarkan rumusan atau fokus penelitian 1 menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 85% meningkat menjadi 95% dengan kategori sangat baik. (2) Berdasarkan fokus penelitian 2 menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar peserta didik dari pre test ke siklus I dan siklus II yaitu nilai rata-rata hasil pre test 64,6 (43,33%) meningkat pada siklus I menjadi 74,3 (56,66%) dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 80,23 (86,67%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture And Picture mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar bahasa inggris peserta didik kelas III SDN I Tertek Tulungagung dengan menambahkan berbagai variasi pembelajaran yang berupa game atau permainan “bisik berantai”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133168 ROCHMATIN NAZILAH |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 06:32 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 06:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6169 |
Actions (login required)
View Item |