DIAN NURHANIFAH, 126201212184 and MUHAMMAD ZAINUL ARIFIN, 198309062023211014 (2025) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAT PENDEK PESERTA DIDIK DI SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembiasaan dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat Pendek Peserta Didik di SMKN 1 Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Dian Nurhanifah, NIM.12620212184,Prodi Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing/promotor Muhammad Zainal Arifin,M.Pd.I. NIP. 1988309062023211014. Kata Kunci : Penerapan, Metode Pembiasaan, Kemampuan Hafalan Surat Pendek Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana masih adanya kelemahan dalam menghafal Al Qur’an khususnya juz amma dan permasalahan akhlakul karimah pada peserta didik. Seringkali peserta didik hanya dituntut untuk mengetahui dan mempraktikkan ilmu pengetahuan yang diajarkan, namun kurang dalam aspek pengamalan keagamaan termasuk dalam hal ibadah. Dalam hal ini, SMKN 1 Bandung Tulungagung sebagai salah satu lembaga pendidikan kejuruan berupaya menerapkan program sebagai solusi dari kekurangan tersebut melalui program pembiasaan. Fokus penelitian dari skripsi imi adalah (1) Bagaimana perencanaan metode pembiasaan dalam meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek siswa di SMKN 1 Bandung Tulungagung?. (2) Bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan dalam meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek siswa di SMKN 1 Bandung Tulungagung?. (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan metode pembiasaan dalam meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek di SMKN 1 Bandung Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan metode pembiasaan dalam meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek siswa di SMKN 1 Bandung Tulungagung (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode pembiasaan dalam meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek siswa di SMKN 1 Bandung Tulungagung (3) untuk mendeskripsikan refleksi atau evaluasi pelakssnaan metode pembiasaan dalam meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek siswa di SMKN 1 Bandung Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan alur tahapan kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan verivifikasi.Pengecekan keabsahan data triangulasi sumber yakni melakukan wawancara dengan responden,, pengecekan dengan teman sejawat dan kecukupan referensia. Dari hasil penelitian ini, menyimpulkan: (1) Perencanaan metode pembiasaan hafalan surat pendek di SMKN 1 Bandung Tulungagung adalah kegiatan musyarah guru mata pelajaran (MGMP) PAI untuk menetukan metode yang tepat, menentukan perangkat atau media yang digunakan, fasilitas dan kemampuan siswa dalam menghafalkan surat pendek(2) Proses pelaksanaan metode pembiasaan hafalan surat pendek di SMKN 1 Bandung Tulungagung kegiatan pembelajaran terlebih dahulu yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup kemudian di dalam kegiatan inti guru menerapkan metode pembiasaan yang akan digunakan di dalam kelas dengan metode klasikal yaitu murajaah, talaqqi dan kitabah kemudian siswa menyetorkan hafalannya secara individu di depan kelas secara bergantian. (3) Evaluasi pelaksanaan metode pembiasaan hafalan surat pendek di SMKN 1 Bandung Tulungagung penilaian secara tertulis melalui jumlah hafalan surat pendek nya, makharijul huruf dan nilai sikap atau akhlak ketika kegiatan hafalan ini .
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212184 DIAN NURHANIFAH |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 06:56 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61709 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |