ILSHA DEA KUMALAPUTRI, 126207213121 and SITI KHOIRUN NISAK, 199309222020122015 (2025) MANAJEMEN PENDIDIKAN ENTREPRENEUR SCHOOL MELALUI PROGRAM VOKASIONAL SKILL TATA RIAS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SANTRI PUTRI SMA PONDOK MODERN SUMBER DATA AT-TAQWA TANJUNGANOM NGANJUK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (977kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Pendidikan Entrepreneur School Melalui Program Vokasional Skill Tata Rias dalam Mengembangkan Keterampilan Santri SMA Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa Tanjunganom Nganjuk” ini ditulis oleh Ilsha Dea Kumalaputri, NIM. 126207213121, Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: Keterampilan Santri, Manajemen Pendidikan, Vokasional Skill Tata Rias Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena rendahnya pandangan masyarakat terhadap lembaga pendidikan pondok pesantren, yang tercermin dalam kurangnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka di lembaga pendidikan tersebut. Adanya sebuah pondok pesantren mereka anggap hanya fokus memberikan pendidikan agama saja, sehingga mereka menilai kemampuan anak untuk mengembangkan keterampilan tidak diajarkan. Padahal jika ditelusuri dengan baik terdapat sebuah lembaga pendidikan pondok pesantren yang memberikan pembelajaran komplek mulai dari ilmu keagamaan pendidikan dan juga keterampilan. Dalam hal ini peran Kepala Sekolah dan guru dalam lembaga sangat diperlukan dalam mengelola dan menjalankan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan keterampilan santri. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti mengambil penelitian di SMA POMOSDA Tanjunganom Nganjuk sebagai objek penelitian yang memiliki program pengembangan keterampilan atau biasa disebut vokasional skill. Adapun fokus dari penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimana program vokasional skill, bagaimana implementasi program vokasional skill dan bagaimana tingkat mengukur keberhasilan vokasional skill tata rias di SMA POMOSDA. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait adanya program, implementasi program dan pengukuran tingkat keberhasilan program dalam mengembangkan keterampilan santri melalui kegiatan vokasional skill tata rias di SMA POMOSDA Tanjunganom Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pola: kondensasi, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan credibility, tranferability, dependability, dan confirmability. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Program Vokasional Skill Tata Rias dalam mengembangkan keterampilan santri dibentuk oleh kepala sekolah bersama waka kurikulum dan seluruh guru guna menyusun tim serta alur kegiatan. Pada program ini sangat memperhatikan kebutuhan santri dengan memberikan pengampuyang ahli pada bidang tata rias serta menyiapkan alat makeup, kosmetik dan juga tempat pembelajaran. Selain itu, juga menentukan waktu yang efektif gunaxvii melaksanakan program vokasional skill tata rias. 2) Implementasi kegiatan vokasional skill tata rias disesuaikan dengan program yang telah disusun dengan menyelenggarakan pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan seluruh keperluan alat dan bahan sudah siap. Seluruh santri terampil juga fokus dalam mengikuti kegiatan vokasional skill tata rias serta mampu bekerjasama dan mengembangkan keterampilan pada praktik merias baik dengan teman ataupun dengan clien sesuai dengan tema makeup yang diajarkan. 3) Pengukuran tingkat keberhasilan program vokasional skill tata rias di SMA POMOSDA Tanjunganom Nganjuk dilakukan pengampu program dengan memastikan bahwa setiap santri paham dengan materi yang sudah diberikan dengan mewajibkan mereka mengulas materi dengan cara ditulis pada buku khusus setiap kali selesai pertemuan. Selain itu juga melihat hasil praktik setiap anak dan membandingkan dengan hasil sebelumnya secara berkala. Pelaksanaan program vokasional skill tata rias memberikan mafaat bagi pengembangan potensi diri santri, meningkatkan mutu sekolah serta meningkatkan keterampilan santri dalam pengembangan kemampuan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Entrepreneur Ekonomi > Pelatihan Kerja Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207213121 ILSHA DEA KUMALAPUTRI |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 01:11 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 01:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |