UPAYA GURU BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI MAN 1 MADIUN

YULIN NIDA SALMA, 126208203107 and HASLINDA YASTI AGUSTIN, 198708192023212042 (2025) UPAYA GURU BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI MAN 1 MADIUN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (845kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Biologi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di MAN 1 Madiun”, ditulis oleh Yulin Nida Salma, NIM. 126208203107, Pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: MAN 1 Madiun, Minat Belajar, Upaya Guru. Penelitian Upaya Guru Biologi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi kelas XI MAN 1 Madiun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran biologi di MAN 1 Madiun yang mengakibatkan hasil belajar kurang maksimal. Materi Biologi yang cenderung bersifat hafalan dan khususnya pada kelas XI terdapat beberapa materi yang perlu adanya pemahaman lebih menjadi penyebab kurang adanya minat siswa pada mata pelajaran Biologi. Hal tersebut menginspirasi peneliti untuk mengetahui upaya Guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Tujuan penelitian ini antaranya: 1) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Biologi di MAN 1 Madiun. 2) Mendeskripsikan upaya Guru Biologi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Biologi di MAN 1 Madiun. 3) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi Guru Biologi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Biologi di MAN 1 Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah Guru Biologi dan siswa kelas XI di MAN 1 Madiun. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen angket, instrumen observasi, instrumen wawancara, dan instrumen dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif yaitu skala Likert untuk angket. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi metode dengan melakukan pengecekan data yang telah diperoleh dari sumber yang sama dengan metode yang berbeda. Hasil dari penelitian ini, diantaranya: 1) Faktor Internal, Faktor Eksternal, dan Faktor Pendekatan Belajar memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 1 Madiun dengan rata-rata berturut-turut sebesar 69,5%, 69,9%, dan 67,9%. Ketiga faktor tersebut tergolong ke dalam kategori pengaruh yang kuat. 2) Upaya Guru Biologi dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap keempat indikator tersebut adalah dengan menyesuaikan dengan dunia yang diminati siswa, memberi tugas melalui media yang banyak digunakan siswa yaitu HP, menggunakan metode diskusi interaktif dan model pembelajaran Project Basic Learning (PBL) dan Social Emotional Learning (SEL), menggunakan media pembelajaran LKS dan referensi internet, membuat kontrak pembelajaran yang jelas, memberikan motivasi serta membantu mengatasi kesulitan siswa. Angket minat belajar siswa kelas XI MAN 1 Madiun terdiri dari 4 indikator, yaitu indikator Perasaan Senang, indikator Keterlibatan Siswa, indikator Ketertarikan Siswa, dan indikator Perhatian Siswa dengan rata-rata berturut-turut sebesar 70,9%, 65,9%, 68,3%, dan 70,4% yang semuanya tergolong kategori kuat. 3) Kendala yang dialami Guru Biologi selama kegiatan pembelajaran Biologi berlangsung di antaranya adalah siswa yang sangat kompleks dan variatif sehingga guru kadang mengalami kesulitan dalam menyediakan fasilitas bagi yang cepat dengan yang lambat belajar. Kendala dapat diatasi dengan cara memberikan solusi yang relevan dengan kegiatan yang sering dilakukan oleh siswa, mencari materi yang dapat diakses di internet untuk mengatasi sumber belajar yang terbatas, dan terus mencari sesuatu yang baru karena hal tersebut termasuk cara memotivasi anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208203107 YULIN NIDA SALMA
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:17
Last Modified: 11 Dec 2025 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61740

Actions (login required)

View Item View Item